Punya Pabrik di Indonesia dan Vietnam, IPO Cemindo Gemilang (CMNT) Bidik Dana Jumbo Rp1,17 T

02 September 2021 20:09 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Amirudin Zuhri

Produsen Semen Merah Putih PT Cemindo Gemilang Tbk milik konglomerat Martua Sitorus / Dok. Semen Merah Putih (Semenmerahputih.com)

JAKARTA – Produsen Semen Merah Putih , PT Cemindo Gemilang Tbk sedang memasuki tahap penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dengan kode saham CMNT. Perseroan menargetkan penghimpunan dana sebesar Rp1,17 triliun dalam aksi korporasi tersebut.

Berdasarkan pengumuman PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), perseroan menawarkan 1.718.800.000 lembar saham dengan nilai nominal Rp500 per lembar. Sedangkan, harga pelaksanaan berada pada kisaran Rp680 per lembar.

“Kami informasikan Penawaran Umum Perdana atas Saham PT Cemindo Gemilang Tbk telah didaftarkan oleh emiten yang bersangkutan ke dalam penitipan kolektif KSEI,” tulis pengumuman tersebut, dikutip Kamis, 2 September 2021.

Perseroan menunjuk PT Ciptadana Sekuritas Asia dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek dalam penyelenggaraan IPO tersebut. Sementara itu, pemesanan saham perseroan menggunakan sistem penawaran umum elektronik.

Cemindo Gemilang adalah perusahaan semen terintegrasi yang bergerak di bidang manufaktur, pemasaran dan distribusi produk semen dan klinker dari Indonesia dan Vietnam yang telah berdiri sejak tahun 2011. 

Perseroan terintegrasi secara vertikal di seluruh rantai nilai semen dengan fasilitas manufaktur dan penggilingan yang dilengkapi dengan cadangan bahan baku, kemampuan pengemasan logistik dan bisnis beton ready mix

Perseroan juga memiliki dan mengoperasikan infrastruktur, sebuah pembangkit tenaga listrik 60 MW dan dua unit WHR 15 MW di pabrik Bayah di Indonesia, dan satu unit WHR 12,8 MW di pabrik Trang Kenh di Vietnam. 

CMNT mempunyai merek yang kuat, fasilitas produksi yang berlokasi strategis dan jaringan distribusi yang luas untuk berhasil mengembangkan bisnis di pasar domestik di Indonesia dan Vietnam, dan memperluas bisnis ke perdagangan klinker regional ke pusat-pusat permintaan utama Asia, termasuk Cina, Bangladesh dan Filipina. 

Di dalam negeri, perseroan memiliki satu fasilitas manufaktur terintegrasi di Bayah dan empat pabrik penggilingan di Ciwandan, Gresik, Medan dan Bengkulu. Perseroan juga mengoperasikan tiga pabrik penggilingan tambahan di Muara Jawa, Batam dan Cibitung yang disewa oleh Perseroan dari PT Semeru Surya Semen, PT Semen Bosowa Indonesia dan PT Gunung Raja Paksi Tbk. 

Melalui perjanjian kerja sama operasional, kapasitas produksi untuk masing-masing pabrik tersebut masing-masing mencapai 1.000.000 ton per tahun, 1.200.000 ton per tahun dan 1.000.000 ton per tahun. 

Selain itu, anak perusahaan Perseroan, PT Cemindo Bangun Persada, juga memiliki pabrik pengemasan semen di Pontianak yang per 31 Desember 2020 memiliki kapasitas pengemasan mencapai 500.000 ton per tahun.

Perseroan juga memiliki pelabuhan yang bersebelahan dengan fasilitas manufaktur terintegrasi Perseroan di Bayah, yang berjarak sekitar 1,0 km dari pabrik. Perseroan juga telah membangun sabuk konveyor darat sepanjang 7,8 kilometer di fasilitas Bayah untuk mengangkut batu kapur dan tanah liat yang ditambang dari tambang ke pabrik semen terintegrasi. 

Di Vietnam, CMNT memiliki dua fasilitas manufaktur, masing-masing berlokasi strategis di utara dan selatan. Fasilitas manufaktur terintegrasi di Trang Kenh terletak di Vietnam Utara dan perseroan memiliki pabrik penggilingan semen di Hiep Phuoc di Vietnam Selatan. 

 

Jadwal IPO

 

Tanggal Efektif: 31 Agustus 2021

Masa Penawaran Umum: 2 - 6 September 2021

Tanggal Penjatahan: 6 September 2021

Tanggal Distribusi Saham: 7 September 2021

Tanggal Pencatatan di BEI: 8 September 2021

Berita Terkait