PTPP Anggarkan Belanja Modal Rp4,3 Triliun pada 2022, Didominasi untuk Proyek Eksisting

08 April 2022 09:31 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Fakhri Rezy

PTPP Anggarkan Belanja Modal Rp4,3 Triliun pada 2022, Didominasi untuk Proyek Eksisting/ Foto: PTPP

JAKARTA - PT Pembangunan Perumahan (Perseroan) Tbk (PTPP) menganggarkan modal belanja atau capital expenditure (capex) sebesar Rp4,3 triliun pada 2022. Belanja modal tahun ini lebih rendah dibandingkan capex perseroan pada 2021 senilai Rp6,2 triliun.  

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTPP Agus Purbianto mengatakan, anggaran capex yang sudah ditetapkan mayoritas akan digunakan untuk pengerjaan proyek yang sudah ada.

"Sebanyak 80% digunakan untuk proyek existing, Tol Semarang - Demak seksi dua jadi prioritas utama dan harus rampung tahun ini. Kemudian, Menara Danareksa harus selesai pada Oktober 2022," kata Agus Purbianto dalam keterangan resmi, Jumat, 8 April 2022.

Ia menuturkan, dana tersebut juga dialokasikan kepada anak usahanya yakni PT PP Presisi Tbk (PPRE) untuk penggantian peralatan yang sudah usang. Kemudian, untuk belanja investasi yang dicadangkan untuk pembangunan rumah Indonesia di Mekkah.

Sebagian pendanaan juga didapatkan dari kredit investasi khususnya dari penyelesaian Tol Semarang -Demak sesi II melalui KSO.

Untuk pengembangan Menara Danareksa ekuitasnya berasal dari pengalihan sisa dana rights issue dan Initial Public Offering (IPO). Selain itu, pihak perseroan juga memiliki saldo piutang yang akan dibayar Juni 2022.

PTPP juga berencanan akan menerbitkan obligasi dalam rangkaian Obligasi Berkelanjutan III PTPP tahun 2022 dengan pokok obligasi senilai Rp544,5 miliar.

Sedangkan, sukuk mudharabah dari rangkaian Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I PTPP Tahapan II tahun 2022 mengumpulkan dana Rp365 miliar. Sehingga total dana yang diincar kali ini senilai Rp909,5 miliar.

Adapun tanggal penjatahan obligasi dan sukuk mudharabah akan dilakukan pada 19 April 2022. 
 

Berita Terkait