Proyeksi IHSG Lanjutkan Reli, Simak Belasan Rekomendasi Saham Hari Ini

24 Agustus 2021 08:23 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Rizky C. Septania

IHSG rekomendasi saham. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan reli pada perdagangan Selasa, 24 Agustus 2021. Namun, minimnya katalis positif disinyalir akan menahan laju gerak indeks pada perdagangan hari ini.

Pengamat Pasar Modal MNC Asset Management, Edwin Sebayang menyatakan bahwa IHSG berpeluang kembali menguat setelah selama dua hari naik 1,95%. Hal ini didorong oleh sentimen positif penguatan kembali indeks DJIA dan EIDO.

Di samping itu, isu tentang tapering Amerika Serikat juga telah mereda serta diiring oleh rebound-nya sejumlah harga komoditas seperti minyak, batu bara, emas, nikel, serta timah. Secara teknikal, IHSG diproyeksikan bergerak pada rentang 6.072 – 6.164.

Yield obligasi AS tenor 10 tahun juga mengalami penurunan sebesar 0,40 persen ke level 1,255 persen,” ujarnya melalui laporan riset yang diterima TrenAsia.com, Selasa, 24 Agustus 2021.

Dengan analisis tersebut, ia turut merekomendasikan sejumlah saham yang menurutnya layak untuk disimak pada hari ini. Di antaranya JPFA, PGAS, SMGR, SMRA, MTDL, ADRO, BBTN, WIKA, BSDE, SRTG, dan AKRA.

Senada, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya juga mengatakan indeks komposit berpotensi bergerak menguat pada rentang support resistance 5.872 – 6.123. Menurutnya, IHSG sedang berusaha naik dan keluar dari rentang konsolidasi wajarnya.

“Jika resistence level terdekat berhasil ditembus, maka IHSG masih berpotensi untuk mengalami kenaikan jangka pendek hingga beberapa waktu mendatang,” imbuhnya.

Namun, Wlliam menilai minimnya sentimen yang dapat mendorong kenaikan IHSG yang disebabkan oleh kondisi perlambatan perekonomian cukup menjadi tantangan tersendiri bagi pergerakan indeks pada perdagangan hari ini.

William tak lupa membagikan menu-menu saham yang menurutnya dapat menjadi pertimbangan para investor. Saham-saham tersebut antara lain TLKM, AKRA, ICBP, ITMG, AALI, WIKA, serta BINA.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 1,31% menuju level 6.109,83 pada akhir sesi perdagangan Senin, 23 Agustus 2021. Saham EMTK, ARTO, MASA, BUKA, TLKM menjadi leader penguatan kemarin. Di sisi lain, saham DCII, AMRT, TPIA, SLIS, BBNI menjadi laggard indeks dalam sehari perdagangan.

Berita Terkait