Keren! Kurang dari Sebulan Wika Gedung Bangun Rumah Sakit Modular Pertamedika

07 Agustus 2021 09:32 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Sukirno

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan operasional Rumah Sakit (RS) Modular Tanggap Darurat COVID-19 di Tanjung Duren, Jakarta Barat. RS tersebut merupakan milik PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) atau Indonesia Health Corporation (IHC) di Tanjung Duren Selatan, Jakarta Barat.

Adapun proyek dengan luas bangunan mencapai 11.300 m2 ini dibangun oleh anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), yakni PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE).

Dalam peresmian tersebut, Jokowi memantau sejumlah titik di rumah sakit, mulai dari ruang instalasi gawat darurat (IGD) sampai kamar isolasi pasien.

“Saya berharap kehadiran rumah sakit ini dapat memberikan kualitas layanan kesehatan yang prima,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu, 7 Agustus 2021.

Sebagai informasi, proses pembangunan rumah sakit ini sudah berjalan sejak awal 9 Juli 2021. Pembangunan WEGE mencakup struktur, arsitektur, landscape, dan MEP, termasuk untuk bedhead dan negative pressure.

RS Modular memiliki kapasitas sebanyak 305 tempat tidur, dilengkapi ruang operasi, ruang laboratorium, radiologi (CT Scan dan X-Ray), dan ruang pemulasaraan jenazah.

Selain itu, terdapat instalasi hemodialisis untuk terapi cuci darah, serta ruang bersalin bagi ibu hamil yang positif COVID-19.

Adapun teknologi negative pressure dan filter HEPA berguna agar udara yang dilepaskan ke luar rumah sakit, tetap aman untuk lingkungan sekitar.

WEGE sebelumnya juga menggarap pembangunan empat rumah sakit modular selama pandemi COVID-19. Proyek itu antara lain RS Khusus Infeksi Pulau Galang, RS Pertamedika Modular Cempaka Putih, RSPP Extension Simprug, dan RS Covid 19 Lamongan. 

Tidak hanya itu, WEGE juga telah menggarap lima proyek renovasi (alih fungsi) Rumah sakit. Proyek itu terdiri dari RSCM Kiara Jakarta, RS Antam Medika Jakarta, RS Pertamina Jaya Jakarta, dan RSPTI Unair Surabaya.  Bahkan, belum lama ini, bagian dari WIKA Grup ini juga telah menyelesaikan renovasi Asrama Haji Pondok Gede Jakarta menjadi RS Darurat COVID-19. 

Berita Terkait