Proyek Jalan Tol Bawah Laut Disiapkan, Infrastruktur Dasar di Ibu Kota Baru Mulai Dibangun pada Agustus 2022

21 Juni 2022 16:21 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Fakhri Rezy

Proyek Jalan Tol Bawah Laut Disipakan, Infrastruktur Dasar di Ibu Kota Nusantara Mulai Dibangun pada Agustus 2022/ Foto: Tangkapan layar (null)

JAKARTA - Pengerjaan proyek jalan tol bawah laut sebagai akses menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah mulai disiapkan. Hal ini mengingat pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Baru bekerja sama dengan Korea Selatan akan dilakukan pada Agustus 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, salah satu program kerja sama dengan Korea Selatan yang akan diprioritaskan ialah feasibility study dan basic design untuk akses jalan menuju IKN karena pembangunan infrastruktur dasar IKN akan segera dibangun.

"Salah satu tiga hibah yang saat ini sedang dalam proses pipeline yakni feasibility (FS) dan basic design immersed tunnel Teluk Balikpapan (jalan tol akses IKN)," Jelas Basuki saat menerima kunjungan delegasi Korea Selatan, Senin, 20 Juni 2022.

Kemudian hibah lainnya yakni pembentukan manajemen konstruksi digital dan hijau di Indonesia, serta pembentukan sistem informasi jalan tol di Indonesia.

Sedangkan dua kerja sama hibah antara Indonesia dan Korea Selatan yang sedang berlangsung di antaranya manajemen terpadu untuk structural health monitoring system (SHMS) dan pilot system intelligent transport system (ITS) di area metropolitan.

Di sisi lain, Assistant Minister for Road Lee Yoon-Sang mengatakan, pihaknya telah melakukan penandatanganan MoU antara Indonesia dan Korea Selatan.

"Usai seminar konferensi pada 21 Juni, kami juga melakukan technical study ke IKN untuk menggali lebih banyak ekspansi kolaborasi antara kedua negara," kata Lee Yoon-Sang.

Untuk diketahui, Kementerian PUPR menerima kunjungan delegasi dari Korea Selatan yang dipimpin oleh assitant Minister for Road, Ministry of Land, Infrastructure and Transport Korea Selatan dalam rangka Konferensi Jalan Indonesia-Korea ke 17. 

Berita Terkait