Proyek Gedung Kejaksaan hingga Revitalisasi TMII, Intip Progres Proyek Jumbo PTPP di Jakarta

13 Mei 2022 20:30 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Rizky C. Septania

Proyek Gedung Kejaksaan hingga Revitalisasi TMII, Intip Progres Proyek Jumbo PTPP di Jakarta/ Foto: PTPP

JAKARTA - PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) memiliki proyek besar di Jakarta yang masih dalam tahap pengerjaan.

Proyek jumbo tersebut yakni pembangunan Gedung IT Mandiri Bumi Slipi di Jakarta Barat, Pembangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung RI di Jakarta Selatan, serta Penataan area dan renovasi Taman Mini Indonesia (TMII) di Jakarta Timur.

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PTPP Andi Gani Newa mengatakan, ketiga proyek jumbo yang dikunjungi pada waktu lalu memiliki progres yang berjalan baik terutama di masa pandemi COVID-19.

"Kami berharap ketiga proyek terserbut bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditargetkan, tentunya dengan kualitas terbaik," kata Andi Gani dalam keterangan resmi, Jumat, 13 Mei 2022.

Pembangunan Gedung IT Mandiri

Pembangunan Gedung IT Mandiri Bumi Slipi ditargetkan selesai pada Desember 2023 dengan masa pemeliharaan selama 12 bulan. Nilai kontrak dari proyek milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) ini sebesar Rp820 miliar termasuk PPN.

Progres pembangunan Gedung IT Bumi Slipi sudah mencapai 3,43% hingga awal Mei 2022. Adapun lingkup pekerjaan pembangunan ini di antaranya pekerjaan design development & perjanjian, pekerjaan struktur,  pekerjaan landscape, arsitektur dan interior, mechanical electrical plumbing (MEP) &p enyambungan, serta lainnya.

Proyek pembangunan gedung ini dibangun di atas lahan seluas 11.303 meter persegi (m2). Rencananya gedung ini dibangun setinggi 32 lantai dengan luas total bangunan kurang lebih 70.028 m2.

Nantinya, gedung ini ditargetkan untuk memenuhi standar green building yang disertifikasi oleh lembaga Green Bulding Council Indonesia (GBCI) dengan peringkat Gold. Proyek ini dikerjakan oleh KSO PTPP dan Arkonin dengan menggunakan metode design & build.

Gedung Kejaksaan Agung

Progres pengerjaan Gedung Utama Kejaksaan Agung per April 2022 telah mencapai 57,98% lebih cepat dari yang ditargetkan. Nilai kontrak proyek ini sebesar Rp549 miliar yang ditargetkan selesai pada akhir 2022.

Gedung Utama Kejaksaan Agung memiliki luas bangunan 43.669 m2 dengan memiliki tiga tower dan dilengkapi kaca anti peluru. Ruang lingkup pekerjaan proyek tersebut yakni pekerjaan perizinan, struktur, arsitektur, pekerjaan MEP dan lainnya.

Renovasi TMII

Sementara itu, pengerjaan penataan dan renovasi di Taman Mini Indonesia (TMII) meliputi pekerjaan penataan gerbang utama, renovasi gedung serbaguna Sasono Utomo, Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno.

Proyek penataan ini ditargetkan rampung pada akhir 2022 dengan progres hingga awal Mei 2022 mencapai 14,80% dengan total luas bangunan 59.907 m2.

Berita Terkait