Protelindo Rampung Beli Ribuan Menara XL Axiata

02 Juni 2020 13:50 WIB

Penulis: Issa Almawadi

Gedung XL Axiata. / Xlaxiata.co.id

JAKARTA – Keuntungan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) bisa jadi akan bertambah. Pasalnya, perseroan baru saja menyelesaikan transaksi jual beli dan pengalihan menara kepada PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo).

Kabar tersebut tertuang melalui keterbukaan informasi yang disampaikan PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR), sebagai induk usaha Protelindo, Selasa, 2 Juni 2020. Surat tersebut tertanda Sekretaris Perusahaan Sarana Menara, Irfan Ghazali.

Melalui keterangan itu, Sarana Menara menjelaskan, ada tiga perjanjian jual beli yang dilakukan antara XL dan Protelindo. Salah satunya perjanjian sewa menyewa menara pada 28 Mei 2020, antara Protelindo sebagai penyewa dan XL Axiata sebagai pemberi sewa.

Ada juga perjanjian pembayaran yang ditunda pada 28 Mei 2020 antara Protelindo sebagai pembeli dan XL Axiata sebagai penjual. Juga ada akta pengalihan dan pengambilan menara oleh Protelindo dari XL Axiata.

Keterangan itu juga menyebutkan Protelindo telah menyelesaikan penerimaan pengalihan lebih lanjut atas 221 menara telekomunikasi tambahan milik XL Axiata.

Transaksi tersebut merupakan bagian atas transaksi pembelian 1.723 menara telekomunikasi dari XL Axiata kepada Protelindo pada 2 April 2020, dimana Protelindo telah menerima penyerahan titel atas sebanyak 1.399 menara dari XL Axiata.

Dengan tunduk kepada syarat dan ketentuan yang telah disepakati, Protelindo akan melanjutkan penerimaan pengalihan sisa menara telekomunikasi milik XL Axiata yang masih merupakan bagian dari pelaksanaan Pembelian Menara XL selambat-lambatnya sampai 30 Juni 2020.

“Jumlah lebih lanjut atas menara yang akan dialihkan akan diumumkan kemudian,” tulis Irfan.

Sebagai informasi, keuntungan dari penjualan dan sewa balik menara, masih menjadi andalan emiten telekomunikasi XL Axiata dalam meraup laba. Seperti pada kuartal I-2020, laba XL mencapai Rp1,52 triliun, atau melesat 2.602% dari periode sama 2019 Rp57,19 miliar.

Pada periode ini, XL meraup keuntungan dari penjualan dan sewa balik menara mencapai Rp1,62 triliun. Padahal, pada periode sama 2019, nilainya hanya mencapai Rp105,72 miliar.

Pos tersebut jelas mendorong profitabilitas perseroan, terlebih pendapatan XL hanya meningkat sebesar 9% dari Rp5,97 triliun menjadi Rp6,49 triliun. (SKO)

Berita Terkait