Program Strategi Nasional Pipa Gas Cisem Senilai Rp1,7 Triliun Mulai Dibangun

12 Agustus 2022 06:03 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Fakhri Rezy

Ilustrasi. Program Strategi Nasional Pipa Gas Cisem Senilai Rp1,7 Triliun Mulai Dibangun/ Foto: PGN

JAKARTA - Pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem) tahap 1 ruas Semarang - Batang senilai Rp1,7 Triliun mulai dibangun. Kegiatan ini ditandai dengan pengelasan pertama (first welding) pada Sabtu, 6 Agustus 2022 di Semarang, Jawa Tengah.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Noor Arifin Muhammad mengatakan, pembangunan transmisi gas ini diawali dengan pembangunan tahap satu yang dilaksanakan melalui kontrak tahun jamak (multiyears contract) menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2022 dan 2023.

"Dengan adanya kesediaan pipa transmisi Cisem diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian di berbagai sektor seperti sektor rumah tangga, transportasi, dan komersil melalui jaringan distribusi gas bumi," kata Noor Arifin dalam keterangan resmi, Senin, 10 Agustus 2022.

Kemudian, pipa gas Cisem sebagai salah satu Program Strategi Nasional (PSN) hadir untuk memperkuat rantai suplai pasokan gas bumi. Membuat akses masayarakat semakin mudah dan harganya menjadi lebih terjangkau secara berkelanjutan.

Pipa gas ini juga ditunjukkan untuk memenuhi kebutuhan sektor industri eksisting di sepanjang jalur pipa Cisem seperti Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Kawasan Ekonomi Khusus Kendal dan Kawasan Industri Wijayakusuma Semarang, dan kawasan industri lainnya yang sedang dibangun maupun direncanakan pembangunannya.

Proyek transmisi migas Cisem ini bagian dari tanggung jawab Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan target pembangunannya selama 15 hari.

Adapun kontraktor proyek transmisi migas Cisem adalah KSO PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) - Elnusa dengan lingkup pekerjaan berupa pembangunan jalur pipa gas 20" dengan panjang 60 kilometer (km) dari Stasiun Semarang ke Stasiun Batang.

 

Berita Terkait