Produsen Cat Avian Milik Crazy Rich Surabaya IPO, Saham AVIA Listing Hari Ini Rp930 Selembar

08 Desember 2021 06:03 WIB

Penulis: Sukirno

Editor: Sukirno

Produsen Cat Avian Milik Crazy Rich Surabaya Hermanto Tanoko IPO, Saham AVIA Listing Hari Ini (Avianbrands.com)

JAKARTA - Produsen cat milik “crazy rich” Surabaya Hermanto Tanoko, PT Avia Avian Tbk resmi tercatat (listing) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham AVIA pada Rabu, 8 Desember 2021.

Dua bersaudara Wijono (Direktur Utama) dan Hermanto Tanoko (Komisaris Utama), bertengger di urutan ke-39 orang paling kaya di Indonesia versi Majalah Forbes 2020. Total kekayaan keluarga Tanoko mencapai US$700 juta setara Rp10,8 triliun (kurs Rp14.400 per dolar Amerika Serikat).

Keluarga Tanoko merupakan pemegang saham pengendali produsen cat Avian. Bisnis Avian lahir dari sebuah toko cat di Malang yang dikelola oleh sang ayah, Soetikno Tanoko. Toko tersebut merupakan cikal bakal dari PT Avia Avian Tbk yang kini telah berusia 42 tahun.

Saham AVIA dicatat di papan utama BEI dan menjadi emiten ke-50 yang listing pada 2021. AVIA bergerak pada sektor dan sub sektor basic materials.

Adapun Industri AVIA adalah chemicals dengan sub industri specialty chemicals. Harga penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) AVIA senilai Rp930 per lembar saham dengan jumlah saham yang dicatatkan sebanyak 61.953.555.600 lembar saham, sehingga kapitalisasi pasarnya adalah senilai Rp57,61 triliun.

Harga saham AVIA ditetapkan pada batas atas dari rentang Rp780-Rp980 per lembar. Perseroan meraup dana dari IPO senilai Rp5,77 triliun.

Berikut ringkasan profil Avia Avian:

Produsen cat tembok PT Avia Avian Tbk bakal IPO di pasar saham / Dok. Avian 

Bidang usaha
Industri dan perdagangan cat dan tinta cetak, pernis, lak, perekat/lem, mortar atau beton siap pakai

Ringkasan Perusahaan Emiten
Avian Brands memproduksi dan menjual serangkaian produk solusi arsitektur yang biasanya digunakan dalam pembangunan rumah atau konstruksi. Portofolio produk solusi arsitektur yang dimaksud terdiri dari (a) cat dinding, (b) cat kayu dan besi, (c) cat anti air (d) perawatan kayu dan (e) solusi arsitektur lainnya, yang meliputi cat atap, semen instan, pelapis otomotif dan lainnya.

Avian Brands juga menawarkan barang dagangan yang seperti pipa, mebel, dan produk pendukung yang diperlukan dalam proses pengecatan, termasuk rol cat, kuas cat, pita segel, dan ampelas.

Avian Brands adalah pemimpin pasar dalam industri cat dan pelapis dekoratif di Indonesia, dengan total pangsa pasar sekitar 20% berdasarkan pendapatan penjualan Avian Brands pada tahun 2020 yang dihasilkan dari produk cat dan pelapis dekoratif, menurut Frost & Sullivan. Perseroan memiliki kapasitas dan kemampuan manufaktur yang kuat melalui fasilitas manufaktur perseroan di Sidoarjo dan Serang, Indonesia dan jaringan distribusi yang luas di Indonesia melalui pusat distribusi yang dimiliki sepenuhnya, pihak ketiga yang independen, pusat distribusi eksklusif dan non-eksklusif dan penjualan langsung. 

Bisnis Avian Brands didirikan pada tahun 1978 oleh Soetikno Tanoko, ayah dari Direktur Utama Avian Brands Wijono Tanoko dan Komisaris Utama Avian Brands Hermanto Tanoko, dan kakek dari Wakil Direktur Utama Avian Brands Ruslan Tanoko dan Direktur Avian Brands Robert Tanoko, dan Avian Brands memiliki pengalaman lebih dari 35 tahun di industri cat dengan rekam jejak yang terbukti dalam memproduksi produk-produk berkualitas tinggi dengan status penarikan merek yang kuat yang didukung oleh teknologi terdepan di pasar dan layanan pelanggan, untuk memenuhi permintaan konsumen. Avian Brands percaya bahwa saat ini telah mencapai posisi pemimpin pasar di Indonesia sebagai keberhasilan yang telah lama berdiri dan pengakuan merek yang kuat, dicapai dengan skala ekonomi yang terkait dengan reputasinya sebagai produsen cat yang diakui di Indonesia, pengembangan produk yang inovatif, produk yang terdiversifikasi, jaringan distribusi yang luas di seluruh Indonesia, produksi yang efisien dan produk yang berkualitas.

Alamat
Jl. Surabaya - Sidoarjo KM. 19, Kel. Wadungasih, Kec. Buduran, Sidoarjo 61254, Jawa Timur

Situs Perusahaan Emiten
https://www.avianbrands.com

Jumlah Saham Ditawarkan
6.200.000.000 saham

Persentase dari Total Saham Dicatatkan
10.01%

Partisipan Admin
CC - Mandiri Sekuritas

Penjamin Emisi Efek
CC - Mandiri Sekuritas
CS - Credit Suisse Sekuritas Indonesia
S0 - PT Morgan Stanley Sekuritas Indonesia
AK - UBS Sekuritas Indonesia
LG - Trimegah Sekuritas Indonesia
PF - Danasakti Sekuritas Indonesia

Berita Terkait