Presiden Jokowi: Stadion Kanjuruhan akan Diruntuhkan

18 Oktober 2022 20:03 WIB

Penulis: Feby Dwi Andrian

Editor: Fakhri Rezy

Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino (https://www.youtube.com/watch?v=dKeIu8FI_Pc)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur akan diratakan dengan tanah. Kemudian, pemerintah akan membangun ulang stadion tersebut sesuai dengan standar FIFA.

"Saya sampaikan, tadi sudah berdiskusi dengan FIFA bahwa Stadion Kanjuruhan di Malang akan diruntuhkan dan akan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA sebagai contoh standar stadion dengan fasilitas yang baik, serta menjamin keselamatan penonton, pemain dan juga suporter," ungkap Jokowi pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Ia menambahkan, pertemuan itu membahas banyak hal terutama manajemen stadion di Indonesia, terutama terkait fasilitas stadion dan standar penyelenggaraan pertandingan sepak bola.

Lalu, Jokowi melanjutkan poin berikutnya adalah berkaitan dengan manajemen keamanan, yang juga dibicarakan secara mendalam. Kemudian, terkait manajemen pertandingan serta pengaturan waktu.

"Setelah saya dengan Presiden FIFA diskusi secara detail, Presiden FIFA juga mengungkapkan rasa duka dan simpati yang mendalam kepada keluarga korban dan menyampaikan kepeduliannya atas tragedi yang terjadi," ucap Jokowi.

Jokowi juga menegaskan bahwa ia dan Presiden FIFA bersepakat agar tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia dan juga bagi dunia sepakbola secara global. 

Berita Terkait