Presiden Jokowi dan Jasa Marga Bakal Resmikan Tol Pertama di Sulawesi Utara

JAKARTA – Emiten pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) bakal meresmikan proyek Jalan Tol Manado-Bitung. Peresmian jalan tol ruas Manado-Danowudu itu akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual.

Corporate Communications and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan proyek tersebut merupakan jalan tol pertama di Sulawesi Utara.

Peresmian jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu akan dilaksanakan secara virtual melalui live streaming di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 29 September 2020 pukul 14.00 WIB atau 15.00 WITA,” kata Dwimawan dalam keterangan resmi, Selasa, 29 September 2020.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George Manurung menyampaikan ruas jalan tol tersebut akan dioperasikan secara bertahap. Ruas yang akan dioperasikan dalam waktu dekat adalah Manado-Danowudu sepanjang 26,35 kilometer.

Proyek jalan tol yang dikerjakan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) memiliki total panjang 39 kilometer. Jalan tol tersebut terbagi menjadi dua seksi. Seksi pertama yaitu Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer. Seksi kedua yaitu Airmadidi-Bitung sepanjang 25 kilometer.

Secara rinci, pembangunan jalan tol seksi pertama dilakukan oleh pemerintah. Sementara, untuk pembangunan di seksi kedua digarap oleh entitas anak Jasa Marga yakni PT Jasamarga Manado Bitung.

Untuk ruas Danowudu-Bitung, perseroan menargetkan akan rampung pada April 2021. Progres konstruksi ruas tol sepanjang 12,65 kilometer ini telah mencapai 77,61%. Untuk pembebasan lahannya, progresnya telah mencapai 99,23%.

Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima gerbang tol (GT). Kelima gerbang itu meliputi GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area. Nantinya, rest area tersebut terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

Tags:
Jalan Tol Manado-BitungjokowiJSMRPresiden Joko Widodoproyek jalan tolPT Jasa Marga (Persero) TbkTol Pertama di Sulawesi Utara
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: