Prambanan Festival 2021 Undang Musikus Kalimantan, Ini Kriteria dan Proses Seleksinya

07 Agustus 2021 05:37 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Sukirno

Prambanan Festival 2021 Undang Musisi Kalimantan, Ini Kriteria dan Proses Seleksinya (Rajawali Indonesia)

JAKARTA - Prambanan Jazz Festival (PJF) kembali digelar tahun ini pada 11-12 September 2021. Berbeda dengan tahun sebelumnya, PJF kali ini menggelar sebuah program baru bertajuk "Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021".

Founder Rajawali Indonesia dan CEO Prambanan Jazz Anas Syahrul Alimi mengatakan program spesial tersebut diperuntukkan bagi musikus jazz terbaik yang berdomisili di Pulau Kalimantan untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 bersama musikus-musikus nasional.

Dia menyebut program kompetisi musik tersebut digagas oleh IndiHome, channel I-Konser UseeTV dan Prambanan Jazz Festival.

"Kegiatan ini diharapkan akan menjadi ajang kesempatan bagi musikus yang berdomisili di Kalimantan untuk menunjukkan karya mereka kepada khalayak luas pecinta musik Tanah Air. Nantinya, seluruh musikus/band pendaftar akan dikurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival sehingga akan didapat maksimal 100 band yang diikutsertakan dalam seleksi," ujar Syahrul dalam keterangan yang diterima TrenAsia.com, Kamis, 5 Agustus 2021.

Dia menerangkan bahwa gelaran PJF tahun ini masih dilaksanakan secara virtual mengingat Yogyakarta sebagai lokasi kegiatan masuk zona merah COVID1-19.

Demikian halnya dengan program "Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival" diselenggarakan melalui platform daring, termasuk proses penjurian terhadap peserta yang mengikuti seleksi.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pendaftaran "Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival" sudah dibuka sejak 23 Juli 2021 dan berlangsung hingga15 Agustus 2021.

Dari hasil seleksi, panitia akan memilih 3 musisi yang akan menjajal panggung megah Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 dan juga tampil pada beberapa program tayangan channel I-Konser di UseeTV.

"Satu musikus akan dipilih langsung oleh promotor, sedangkan dua lainnya akan melalui beberapa tahapan seleksi dan kurasi oleh 3 Juri (Musisi Nasional, Promotor, Tokoh Musik Kalimantan)," papar Syahrul.

Dia pun berharap program yang menyasar musisi Kalimantan ini memunculkan nama-nama baru dari Pulau Kalimantan yang berkilau di blantika musik Indonesia.

"Nantinya seluruh daerah di Indonesia juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa tampil di Prambanan Jazz Festival selanjutnya, maupun tayangan-tayangan di I-Konser Channel," tutur Syahrul.

Kriteria Karya

Syahrul mengatakan bahwa salah satu kriteria utama peserta "Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival" adalah musikus/band yang berdomisili di Kalimantan yang sesuai dengan karakter festival musik.

Kriteria berikutnya adalah peserta tersebut diharuskan memiliki minimal 3 karya orisinal berupa Video Musik/Video Live Session.

Selanjutnya, pemenang yang terpilih untuk tampil di Prambanan Jazz diharapkan bisa menampilkan setidaknya 4 lagu orisinal.

"Sebelum tampil di Prambanan Jazz Virtual Feztival 2021, para musikus terpilih juga akan diikutsertakan pada acara webinar berupa Bengkel Musik dan talkshow tentang industri musik," tandas Syahrul.

Tahapan dan Proses Seleksi

Adapun tahapan pendaftaran dan seleksi kompetisi "Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival 2021" sebagai berikut:

1. Para peserta bisa mendaftar di website www.prambananjazz.com disertai 1 video (video klip/ live session) dan persyaratan lain yang terdapat dalam formular registrasi.

2. Peserta adalah musikus/band yang berdomisili di Kalimantan, dibuktikan cukup dengan 1 KTP dan terbuka untuk seluruh genre musik dan jenis penampil musik (solo, duo, band, dan sejenisnya) yang sesuai dengan karakter festival.

3. Para peserta diharapkan telah memiliki 3 karya orisinal dalam bentuk video musik (klip) atau video live session. Untuk seleksi awal 1 peserta cukup submit 1 karya.

4. Promotor akan memilih 20 band/peserta berdasarkan viewers tertinggi dan engagement YouTube (I-Konser Channel) yang akan ditayangkan di I-Konser Channel (Usee TV) guna seleksi selanjutnya.

5. Panitia akan memilih 10 band/peserta dengan viewers terbanyak di I-Konser Channel (Usee TV) untuk ikut di babak final.

6. Dua pemenang di Babak Final Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 akan tampil secara langsung di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 dengan membawakan setidaknya 4 karya orisinal.

7. Seluruh peserta yang mendaftar akan melalui proses kurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival dan akan terpilih maksimal 100 peserta terbaik.

8. Peserta akan melalui 3 tahapan babak acara. Pada Babak 1 video peserta yang sudah disubmit akan langsung ditayangkan pada kanal Youtube i-Konser Channel selama periode 6-21 Agustus 2021.

9. Duapuluh peserta yang lolos mengikuti Babak 2 wajib mengirimkan tambahan 2 karya orisinal dalam bentuk video dan akan ditayangkan secara terjadwal pada program i-Konser Channel UseeTV. Jadwal penayangan akan diinfokan melalui Instagram @ikonserchannel.

10. Sepuluh peserta dengan jumlah penonton terbanyak di iKonser Channel (Usee TV) akan mengikuti babak final pada 7 September 2021.

11. Babak final akan dilaksanakan secara taping melalui I-Konser Channel (Usee TV) untuk menentukan siapa yang akan tampil di Prambanan Jazz Festival 2021.*

Berita Terkait