PLN Gandeng BNI Kembangkan Infrastruktur SPKLU

28 April 2022 22:40 WIB

Penulis: Agnes Yohana Simamora

Editor: Yosi Winosa

PLN jalin kerja sama dengan BNI untuk mempercepat ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik (Bank BNI)

JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (persero) menjalin kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk dalam program penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia. Program ini dibentuk untuk mempercepat ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan, lewat kerja sama ini, akan dibangun infrastruktur SPKLU di area milik BNI. Penyediaan SPKLU di area BNI dimulai dengan tiga unit, yang akan dibangun di daerah Graha BNI Sudirman, Jakarta, Menara BNI Pejompongan, Jakarta dan Kawasan ITDC Nusadua, Denpasar, Bali.

"Kolaborasi PLN dengan BNI menjadi wujud sinergi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung pemerintah dalam mengejar target net zero emission pada 2060. Serta mendorong transisi energi melalui pengurangan emisi karbon pada sektor transportasi," kata Bob, dikutip dari situs resmi, Kamis, 28 April 2022.

Tercatat per Maret 2022 terdapat 126 unit SPKLU di Indonesia yang terletak pada 97 lokasi di 48 kota yang merupakan dorongan untuk mempercepat tersedianya infrastruktur pengisian baterai kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Sejalan dengan program ini, PLN juga menyediakan aplikasi Charge.IN yang dapat diakses di PLN Mobile sebagai platform penggunaan EV Charger dalam pengisian listrik pada KBLBB yang diharapkan mendorong masyarakat untuk menggunakan KBLBB dengan berbagai manfaat yang didapat.

Sebelumnya, kedua pihak menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung pembangunan dan pengembangan SPKLU antara PLN dengan BNI.

Berita Terkait