Platform OTT Afiliasi Emtek Group, Video Raih Pendanaan Rp2,14 Triliun dari Affinity Equity Partners

02 November 2021 15:34 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Rizky C. Septania

Platform OTT Afiliasi Emtek Group, Video Raih Pendanaan Rp2,14 Triliun dari Affinity Equity Partners (Platform OTT Afiliasi Emtek Group, Video Raih Pendanaan Rp2,14 Triliun dari Affinity Equity Partners)

JAKARTA – Platform streaming PT Vidio Dot Com (Vidio) milik PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) yang terafiliasi dengan PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek) meraih investasi senilai US$150 juta (Rp2,14 triliun) dari perusahaan private equity Affinity Equity Partners. 

Valuasi Vidio sebelum pendanaan eksternal perdana (pre-money) ini diklaim berkisar di US$750 juta atau kisaran Rp10,7 triliun (asumsi kurs Rp14.200 per dollar AS). CEO Vidio Sutanto Hartono menjelaskan, Affinity akan bergabung dengan jajaran direksi Vidio dan akan bermitra dengan Vidio untuk mempercepat pertumbuhannya serta memperluas kepemimpinan pasarnya di Indonesia.

“Ini menandai tonggak sejarah baru bagi Vidio. Kami berusaha terus fokus pada pengguna dengan menawarkan pengalaman streaming terbaik dan konten premium eksklusif terlengkap bagi pengguna,” kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Selasa 2 November 2021.

Ia membeberkan, suntikan modal baru ini akan digunakan oleh Vidio untuk mendanai produksi konten serial televisi orisinal, membeli lisensi siaran olahraga. Selanjutnya, membangun kapabilitas infrastruktur teknologi live stream dan engagement.

Managing Director dan Head of Southeast Asia, Affinity, Benny Lim mengatakan, Affinity akan menggunakan jaringannya di Asia untuk mendukung pertumbuhan Vidio, terutama di bidang konten dan gamifikasi.

Ditambah lagi, ekosistem media dan digital yang dimiliki Emtek dinilai menjadi faktor penting dalam perjalanan kesuksesan Vidio di industri OTT Indonesia yang sangat dinamis.

Sebagai informasi, Vidio merupakan platform Iokal OTT #1 di Indonesia dengan live dan video on-demand content library terbesar di Indonesia. Vidio juga mendominasi produksi serial original Indonesia atau biasa disebut Vidio Original Series.

Tak ketinggalan, siaran langsung tayangan olahraga lengkap, baik lokal maupun internasional (Liga 1/2/3, UEFA Champions/Liga Europa, NBA, F1, WTA, dll).

Berita Terkait