Pilihan Alternatif Bagian Daging yang Rendah Kolesterol

21 Juli 2021 02:09 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

pilihan alternatif bagian daging yang rendah kolesterol (Pixabay.com)

JAKARTA - Konsumsi daging mungkin menjadi pantangan bagi seseorang yang sedang menjalani diet atau pola makan yang rendah kolesterol. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui pilihan alternatif bagian daging yang rendah kolesterol.

Tubuh manusia pada umumnya bisa membuat semua kolesterol yang dibutuhkan, oleh karena itu bentuk diet atau pola makan dengan kolesterol atau konsumsi makanan yang dapat meningkatkan level kolesterol tidak diperlukan.

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan seringkali tidak menunjukkan gejala.

Kadar kolesterol tinggi yang tidak diobati dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri. Seiring waktu, ini dapat mempersempit arteri, menyebabkan aterosklerosis.

Tubuh dapat membuat kolesterol ekstra sebagai respons terhadap lemak jenuh dan lemak trans dalam daging. Karena itu, orang harus berusaha untuk mengonsumsi potongan daging tanpa lemak yang serendah mungkin.

Beberapa tips umum untuk memilih daging yang ramah kolesterol antara lain:

  • menghindari potongan daging dengan banyak lemak yang terlihat
  • memilih daging giling tanpa lemak atau ekstra tanpa lemak
  • memangkas semua lemak yang terlihat sebelum dimasak
  • menghilangkan kulit dari daging apa pun sebelum dimasak
  • menyeka atau memeras lemak tambahan dari daging setelah dimasak
  • memasak di atas panggangan, rak broiler, atau metode lain yang memungkinkan lemak menetes dari daging.

Orang yang memperhatikan kolesterol mereka harus menghindari potongan steak tinggi lemak dan sebagai gantinya memilih potongan tanpa lemak seperti sirloin atau potongan bundar.

Selain itu, pertimbangkan untuk menghindari potongan daging sapi “utama” atau “pilihan”. USDA mencatat bagian ini adalah nilai daging sapi yang menunjukkan marbling atau kadar lemak yang tinggi. Memilih potongan alternatif mungkin merupakan pilihan yang lebih baik, karena lebih ramping. Untuk daging giling, usahakan 95% daging giling tanpa lemak, atau setipis mungkin.

Contoh potongan daging sapi tanpa lemak adalah steak sirloin top. Menurut USDA, 100 g steak sirloin atas panggang mengandung kalori 188, protein 30,3 g, lemak 6,5 g, karbohidrat 0 g, serat 0 g, dan gula 0 g.

Berita Terkait