PGN Sumbang Rp4 Miliar Bangun Desa Wisata Karangrejo Magelang

March 17, 2021, 02:33 PM UTC

Penulis: Aprilia Ciptaning

Desa Wisata Karangrejo Magelang/Balkondes

JAKARTA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyalurkan dana hibah sebesar Rp4 miliar untuk pembangunan dan pembinaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Karangrejo.

Wilayah yang terletak di Magelang, Jawa Tengah tersebut belum lama ini mendapatkan sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Predikat tersebut diperoleh atas kepatuhan penerapan standar protokol kesehatan.

Sekretaris PGN Rachmat Hutama mengungkapkan, pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dipercaya akan menjadi tren yang dapat meningkatkan daya saing sektor ini di Tanah Air.

“Di samping itu, pengembangan pariwisata juga berpotensi membuka lapangan pekerjaan, sebagaimana visi pemerintah mewujudkan quality and sustainable tourism,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang dikutip TrenAsia.com, Rabu, 17 Maret 2021.

Desa wisata Karangrejo diketahui memiliki beberapa destinasi wisata populer, seperti wisata sunrise Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, Bukit Parede, Bukit Rhema, dan Kebun Buah Karangrejo.

Selain itu, ada paket wisata lain yang ditawarkan, mulai dari edukasi membatik, belajar gamelan, keliling desa menggunakan andong, safari desa dengan mobil VW, keliling desa menggunakan sepeda ontel, belajar masakan tradisional, dan outbond.

Dalam hal ini, masyarakat desa Karangrejo pun diajak berperan aktif untuk mengelola Balkondes sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat secara keekonomian.

“Mengingat seluruh keuntungan dari kegiatan wisata di Desa Karangrejo akan masuk ke pemerintah desa setempat,” katanya.

Sebagai bagian dari keluarga besar holding migas, lanjutnya, PGN ingin turut serta mendorong pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat setempat secara berkelanjutan, sesuai dengan semangat energizing community.

Berita Terkait