Pesan Jokowi ke Menteri Baru: Sering Terjun ke Lapangan

16 Juni 2022 17:00 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Ananda Astri Dianka

Pesan Jokowi ke menteri baru, Sering Terjun ke Lapangan (Tangkapan Layar Youtube/TrenAsia)

JAKARTA - Setelah melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru di Istana Negara kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tugas untuk para menteri baru untuk sering turun ke lapangan.

Hal ini dimaksudkan Jokowi agar menteri baru dapat langsung melihat masalah yang berkaitan dengan masyarakat di lapangan.

"Memerlukan kerja-kerja terjun lapangan untuk melihat langsung yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat," tutur Jokowi saat konferensi pers pada Rabu 15 Juni 2022.

Lebih lanjut, Jokowi meminta Menteri Agraria dan Tata Ruang, Hadi Tjahjanto agar cepat menyelesaikan masalah sengketa lahan dan sertifikasi tanah. 

Juga kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, untuk memperhatikan eksportasi. Selain itu, fokus mengutamakan kebutuhan bahan pokok yang harus dijaga dengan maksimal.

Pagi tadi, Menteri Perdagangan, Zulkifli melakukan sidak ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur. Ia tercengang saat mengetahui kenaikan bahan pokok yang masih terjadi.

Zulkifli mengatakan akan berkerja cepat serta berkordinasi dengan kementerian terkait untuk segera menyelesaikan permasalahan ketersediaan dan harga bahan pokok.

"Tentu kita akan mengerjakan bareng-bareng dengan kementerian terkait. Dan saya kira juga tidak mudah ujar apalagi terkait pangan impor," ujar Zulkifli.

Berita Terkait