Perusahaan Singapura hingga Inggris Bersaing Jadi Mitra Pengembangan Bandara Internasional Yogyakarta

12 Agustus 2021 15:35 WIB

Penulis: Laila Ramdhini

Editor: Laila Ramdhini

Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA). (Dok. PT Angkasa Pura I (Persero))

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) lewat anak usahanya, PT Angkasa Pura Properti, tengah mencari mitra strategis dalam pengembangan kawasan Airport City Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengungkapkan, hingga saat ini ada enam perusahaan yang telah mendaftar pada seleksi ini. Keenam perusahaan tersebut yakni PT Mitra Pengembang Kawasan Jababeka (developer kawasan industri), Koperasi Pesantren Nusantara (koperasi), dan Heha Sky View dan Heha Ocean View (pengelola kasawan wisata

Tak ketinggalan, perusahaan yang berbasis di luar negeri pun ikut tender pengembangan Bandara YIA yakni Aedas Pte. Ltd. (konsultan masterplan global berbasis di Singapura dan Beijing), Hanging Garden International Ltd. (pengelola kawasan wisata asal Inggris), serta PT Tokyu Property Management Indonesia (developer/ estate management).

"Kami menilai perlu untuk memperpanjang masa pendaftaran seleksi ini hingga 26 Agustus. Agar dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mitra potensial, baik pada level nasional maupun global, untuk dapat turut mengembangkan kawasan bandara yang dinilai Presiden Joko Widodo sebagai bandara terbaik ini," ujar Faik, dalam keterangan resmi, Kamis, 12 Agustus 2021.

Dalam rencana pendayagunaan lahan YIA tersebut, Angkasa Pura Property akan mengoptimalisasi lahan menjadi beberapa produk. Pengembangan ini tidak hanya berorientasi pada kegiatan kebandarudaraan, namun juga menjadikannya sebagai destinasi baru bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

"Optimalisasi utilisasi lahan idle merupakan perwujudan strategi perluasan portofolio bisnis Angkasa Pura I dengan mendorong peran anak perusahaan, dalam hal ini Angkasa Pura Property untuk mengembangkan kawasan Airport City YIA," kata dia.

Di lahan tersebut akan dibangun berbagai fasilitas, antara lain retail (F&B and handicraft center), hotel, theme park, warehouse, office park, dormitory, fasilitas meeting-incentives-convention-exhibition (MICE), kampus/ universitas, rumah sakit, dan sport center.

Pengembangan kawasan airport city YIA ini akan dilakukan dalam tiga fase. Pengembangan fase pertama dengan lahan seluas 166.421 meter persegi akan dilakukan pada 2022 hingga 2024. Fasilitas yang akan dibangun pada fase pertama ini yaitu warehouse 1, gudang build to suit, theme park, area ritel, dan transit hotel bintang tiga.  

Pengembangan fase kedua dengan lahan seluas 187.269 meter persegi akan dilakukan pada 2026 hingga 2027. Fasilitas yang akan dibangun yaitu warehouse 2, theme park, dormitory, office park, area ritel, dan hotel bintang empat.

Sementara, pengembangan fase tiga dengan lahan seluas 189.189 meter persegi akan dilakukan pada 2029 hingga 2030. Fasilitas yang akan dibangun yaitu rumah sakit, universitas, sports center, office park, area ritel, dormitory, transit budget hotel bintang tiga, dan fasilitas MICE.

Lebih lanjut, Faik menjelaskan proses seleksi mitra setelah pendaftaran yakni sebagai berikut.
1. Penyampaian dokumen rencana kerja sama (RKS) dan outline business case kepada seluruh calon mitra strategis yang telah terdaftar pada 27 Agustus 2021.
2. Aanwijzing atau penjelasan dokumen RKS dan outline business case terkait pendayagunaan lahan YIA kepada calon kitra strategis yang terdaftar pada 1 September 2021.
3. Masa penyampaian pertanyaan klarifikasi oleh calon mitra pada 1-7 September 2021.
4. Penyampaian jawaban atas pertanyaan klarifikasi calon mitra oleh panitia seleksi dan penyampaian dokumen RKS final (jika terdapat perubahan) pada 10 September 2021.
5. Penyampaian dokumen seleksi oleh calom mitra dengan batas waktu 11 Oktober 2021.
6. Evaluasi dokumen seleksi oleh panitia seleksi pada 12-26 Oktober 2021.
7. Undangan klasrifikasi terkait dokumen seleksi kepada calon mitra apabila terdapat dokumen yang diperlukan klarifikasi pada 27 Oktober - 2 November 2021.
8. Pengumuman pemenang seleksi mitra strategis pendayagunaan lahan Bandara YIA oleh panitia seleksi pada 10 November 2021.  

Berita Terkait