Pertimbangkan Keselamatan dan Kesehatan Warga, Anies Baswedan Tunda Formula E

JAKARTA – Ajang balapan Formula E yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Juni 2020 di Jakarta ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Kabar tersebut disiarkan secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam Surat Pemberitahuan dengan nomor 117/-1/857.73, Rabu, 11 Maret 2020.

“Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda peleksanaannya,” ungkap Anies.

Ia mengungkapkan, kegiatan tersebut memiliki risiko yang tinggi karena akan banyak wisatawan yang datang dari negara-negara lain dengan kasus virus Corona. Dengan merebaknya virus tersebut, ia mengungkapkan bahwa keselamatan warga Jakarta adalah prioritas utama.

Penundaan tersebut, lanjutnya, telah disetujui oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan Formula E Operations (FEO).

Anies juga mengungkapkan, untuk biaya tanda jadi atau commitment fee Formula E sendiri tidak hangus.

“Jadi, kalau dari sisi biaya tidak ada yang hangus karena memang ini adalah force majeure,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 11 Maret 2020.

Nominal commitment fee tersebut sebesar 20,79 juta poundsterling atau setara Rp360 miliar. Biaya tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI Jakarta tahun 2019.

Tags:
Anies BaswedanCovid-19FEOFIAformula EVirus Corona
%d blogger menyukai ini: