Pertamina Optimistis Capai Target Pengeboran 161 Sumur Blok Rokan Akhir 2021

19 Agustus 2021 19:40 WIB

Penulis: Fachrizal

Editor: Laila Ramdhini

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengeklaim berhasil melakukan efisiensi biaya di lapangan sebesar US$500 juta hingga US$600 juta pada kuartal-I tahun 2021. / Ilustrasi. Sumber: esdm.go.id

JAKARTA - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) optimistis mampu memenuhi target untuk mengebor 161 sumur minyak  per Agustus-Desember 2021. 

Sejak Pertamina mengambil alih kelola Blok Rokan dari Chevron pada 9 Agustus 2021, PHR telah mengebor 6 sumur baru di Blok Rokan. Ditambah jumlah sumur baru pada masa transisi, sejauh ini PHR telah memiliki 10 sumur baru aktif di Blok Rokan. 

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Jaffee Arizon Suardin optimistis target pengeboran 161 sumur periode Agustus-Desember 2021 tidak akan meleset. Hal ini karena persiapan pengeboran untuk meningkatkan produksi pada Blok Rokan sudah dilakukan sebelum alih kelola.

”Tentu kami sangat optimistis, karena dari sebelum alih kelola sudah menyediakan rig, material, dan kru agar pekerjaan bisa rampung dengan cepat,” ucap Jaffee, pada Rabu 18 Agustus 2021.

PHR berhasil melakukan pengeboran secara efisien. Pada awalnya, pengerjaan mencapai 20 hari. Saat ini, bisa mencapai 11 hari. Pada kegiatan lain ada juga pengeboran dari target 7 hari bisa selesai dalam 5 hari. 

Sebelumnya, Pertamina telah menetapkan anggaran investasi sampai dengan 2025 sebesar lebih dari US$2 miliar untuk blok rokan.  Akuisisi Blok Rokan dari Chevron ke Pertamina ini menjadi sangat krusial bagi industri migas nasional. 

Pasalnya, Blok Rukan di Duri, Riau ini termasuk blok skala besar, sehingga tingkat produksi migas ke depannya sangat diandalkan untuk menambah kemampuan migas nasional.

Blok Rokan ini mampu memproduksi sekitar 170 Mbopd (24% produksi minyak nasional). Blok ini meliputi 104 lapangan minyak yang terdiri  85 lapangan aktif dan lapangan utama: Duri, Minas, Bangko, Balam South, Petapahan. Luas areal Blok Rokan tersebut mencapai 6.453 km2.

Berita Terkait