Permintaan Mulai Naik, Daihatsu Injak Gas Produksi

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah melakukan produksi secara 2 shift  sejak awal Agustus 2020 di pabrik Sunter dan Karawang. Sistem ini dijalankan guna menjalankan protokol kesehatan COVID-19 yang berlaku.

ADM mengharapkan implementasi 2 shift tersebut dapat memacu hasil produksi hingga empat kali lipat pada Agustus 2020 dibandingkan Juli 2020. Hal ini untuk memenuhi permintaan pasar yang mulai tumbuh seiring dengan dibukanya kembali aktivitas ekonomi.

“Kondisi ini membuat stok kendaraan menjadi semakin menipis mengingat hampir semua brand tidak melakukan produksi secara optimal,” kata Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM dalam keterangan resminya, Jumat, 28 Agustus 2020.

Amelia mengakui Daihatsu menyambut baik sinyal positif dari pasar saat ini dan berharap daya beli masyarakat terus tumbuh, sehingga memberikan dampak positif pada pasar mobil Indonesia.

Untuk itu, para supplier Daihatsu juga berkomitmen memacu produksi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan walaupun permintaan produksi meningkat tajam di bulan Agustus 2020.

Kinerja Mulai Positif

Daihatsu juga mencatat capaian wholesales pada Juli 2020 naik hampir lima kali lipat menjadi 1.553 unit dari sebelumnya hanya 331 unit pada Juni 2020.

Wholesale marketing melibatkan pembelian produk dalam jumlah besar langsung dari pabrik, lalu barang tersebut akan dijual kembali juga dalam jumlah besar

Masih pada Juli 2020, retail sales tercatat sebanyak 5.890 unit atau tumbuh 6% jika dibandingkan Juni 2020 lalu sebanyak 5.558 unit.

Secara nasional, capaian wholesales ada di kisaran 25.000 unit atau naik dua kali lipat dibanding Juni 2020. Sedangkan pada retail sales, pasar otomotif Indonesia selama periode Juli 2020 mencapai sekitar 35 ribu unit, naik sekitar 19% dibanding Juni 2020.

Adapun, pertumbuhan secara year to date (ytd) atau sepanjang Januari hingga Juli, market share Daihatsu juga mengalami peningkatan. Tercatat, pada sisi whole sales naik sebesar 0,4% menjadi 17,9%, sedangkan retail sales naik 1% menjadi 18,2% dibanding periode yang sama pada 2019.  

Tags:
DaihatsuHeadlinepenjualan daihatsuPenjualan Mobilproduksi mobilPT Astra Daihatsu Motor (ADM)
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: