Perkuat Bisnis Satelit, Telkom (TLKM) Beri Pinjaman Rp116 Miliar untuk Telkomsat

20 Mei 2022 12:45 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Fakhri Rezy

Gedung Merah Putih milik PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. / Telkomsat.co.id

JAKARTA – Emiten telekomunikasi pelat merah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) memberikan pinjaman sebesar Rp116 miliar kepada anak usahanya, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat). Transaksi ini dilaksanakan pada 13 Mei 2022.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi mengatakan bahwa transaksi ini telah melalui prosedur transaksi afiliasi dan transaksi benturan kepentingan. Telkomsat sendiri merupakan anak usaha Telkom dengan kepemilikan 99,99%.

“Pada tanggal 13 Mei 2022 telah dilakukan transaksi afiliasi berupa shareholder loan oleh Telkom kepada Telkomsat dalam rangka pendanaan pengembangan bisnis Telkomsat,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 19 Mei 2022.

Asal tahu saja, Telkomsat merupakan penyedia layanan satelit dari hulu ke hilir dengan standar internasional. Pada 2018, perseroan mendapatkan lisensi Jartatup Satelit.

Pada tahun yang sama, Telkomsat melakukan serah terima Satelit Merah Putih dari pabrikan satelit SSL (Space System Loral), Amerika Serikat. Peresmian pengoperasian Satelit Merah Putih, menandai pengelolaan bisnis satelit Grup Telkom dikonsolidasikan di Telkomsat.

Selanjutnya, pengalihan bisnis satelit (upstream business) dari Telkom ke Telkomsat terjadi pada tahun 2020. Masih di tahun yang sama, Telkomsat berencana mengakusisi 36% kepemilikan saham TSGN dari Telin, dengan menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat dan menjadi simple majority shareholder.

Berita Terkait