Penting untuk Karir, Ini Tips Agar Sukses Jadi Influencer di Kantor

21 Juli 2021 07:37 WIB

Penulis: Catra Edira Agfa

JAKARTA - Ada banyak kiat untuk meraih kesuksesan dalam karir. Salah satunya dengan menjadi influencer di kantor atau tempatmu bekerja.

Namun, menjadi influencer di tempat kerja tentu bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan dan buktikan terlebih dahulu sebelum mendapatkan gelar tersebut.

Apa Itu Influencer?

Influencer adalah seseorang yang sangat berpengaruh atau bisa memberikan pengaruh di suatu lingkungan atau komunitas tertentu karena kapasitas yang dimilikinya.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kapasitas yang menjadi penentunya. Sebab kapasitas bisa melahirkan dua modal penting seorang influencer, yaitu kepercayaan dan kredibilitas.

Cara Menjadi Influencer di Kantor

Berikut adalah beberapa tips untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas agar kamu bisa menjadi karyawan yang berpengaruh di kantor, seperti yang TrenAsia rangkum dari wikihow:

Kuasai Pekerjaanmu

Apapun tugasmu, kerjakan sebaik-baiknya. Lakukan dengan efisien dan sesempurna mungkin.

Konsisten Berikan Hasil yang Memuaskan

Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan. Rekan kerja akan menilai kamu sebagai seseorang yang dapat diandalkan. Ketika kamu menilai bahwa sesuatu itu mungkin dilakukan atau diraih, maka mereka akan memercayaimu.

Fokus pada Solusi, Bukan Masalah

Tingkat influence-mu akan meningkat jika kamu selalu bisa memberikan jalan keluar atau solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Fokuslah pada solusi, dan pelajari masalah dengan sebaik-baiknya agar tidak terulang kembali di kemudian hari.

Menjadi Pendengar yang Baik

Banyak mendengar akan membuatmu mampu menemukan solusi terbaik. Tataplah dan tanggapi rekan kerjamu saat mereka berbicara. Jadilah pendengar yang baik bagi seluruh karyawan, tak hanya mereka yang satu divisi denganmu.

Bangun Kedekatan Personal

Jangan selalu menilai rekan kerja berdasarkan kinerjanya saja. Bangun kedekatan personal dengan mereka agar mereka tahu bahwa kamu juga menghargai mereka secara personal.

Jangan Selesaikan Pekerjaan Sendiri

Saat bekerja bersama tim, akan terlihat bahwa kamu dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Mereka pun akan merasa senang bisa menyelesaikan pekerjaan bersamamu.

Bantu Rekan Kerja

Sebisa mungkin, bantulah rekan kerja sesuai dengan kemampuanmu. Baik soal pekerjaan, maupun urusan yang agak personal. Dengan demikian, kamu akan mendapat dukungan dari mereka. Selain itu ide-idemu juga akan lebih didengar.

Berbagi Pengetahuan

Jangan segan untuk membagikan pengetahuanmu kepada rekan kerja agar mereka dapat menyelesaikan masalahnya dengan cepat.

Selalu Belajar dan Jadilah Expert

Setiap orang tentu punya kelebihan dan keahliannya masing-masing. Belajarlah dari mereka agar kamu bisa mengembangkan tingkat keahlianmu.

Bangun Koneksi Jaringan

Jika kamu memiliki koneksi jaringan yang kuat, rekan kerja akan lebih mendengar pendapatmu.

Sampaikan Pendapat dengan Baik

Jangan bersifat defensif. Jika ada yang tidak sependapat denganmu, dengarkanlah. Tunjukkan bahwa kamu juga menerima masukan. Sajikan fakta untuk mendukung argumenmu dan hargai keputusan orang lain.

Jaga Postur dan Bahasa Tubuh

Bangun koneksi yang lebih dalam dengan orang lain. Jaga postur dan bahasa tubuhmu saat berbicara. Berikan atensi penuh, tatap matanya, dan tersenyumlah.

Mau Dikritik

Rekan kerja akan lebih memercayaimu jika kamu adalah orang mau mengakui kesalahan dan selalu berusaha memperbaikinya.

Berita Terkait