Penting! Ini Tips Merawat Alat Elektronik di Rumah Agar Tak Mudah Rusak

JAKARTA – Pada zaman sekarang ini, elektronik merupakan barang yang hampir pasti ditemui di tiap rumah. Kebutuhan alat elektronik kian hari semakin meningkat, tanpa mengenal strata ekonomi.

Di samping kecanggihan alat-alat elektronik, tentu masyarakat juga dihantui dengan kerusakan barang elektroniknya yang bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa terduga.

Oleh karena itu penting bagi pengguna untuk menjaga agar barang elektroniknya tidak rusak dan tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, kali ini TrenAsia.com merangkum sejumlah cara merawat alat elektronik di rumah dari kerusakan dikutip dari Beko Indonesia. Simak ulasannya!

Ilustrasi lemari es alias kulkas / Pixabay
Lemari Es

Menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang hampir ditemukan di setiap rumah, kulkas menjadi perangkat wajib rumah tangga yang digunakan untuk menyimpan bahan ataupun makanan.

Untuk menjaga kinerja kulkas agar bekerja maksimal, perhatikan hal-hal berikut:

  • Beri ruang antara kulkas dan dinding agar tidak menghambat aliran udara panas dari kompresor.
  • Bersihkan lemari es minimal 1 bulan sekali. Selain bermanfaat untuk menjaga higenitas kulkas, jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini juga bermanfaat untuk membantu kita mengecek makanan apa saja yang masih ada dan perlu untuk segera diolah atau dikonsumsi.
  • Perhatikan kapasitas lemari es. Mengisi kulkas secara berlebihan, membuat perangkat tidak bekerja secara maksimal, yang berakibat pada penurunan kemampuan dalam melindungi kesegaran bahan makanan. Pilih jenis bahan makanan yang sebaiknya memang di simpan di kulkas, dan pisahkan bahan atau makanan yang aman disimpan di suhu ruangan.
  • Jangan menaruh makanan atau minuman panas langsung ke dalam kulkas. Ini dapat menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan. Sebaiknya tunggu makanan atau minuman berada pada suhu ruangan, setelah itu baru masukkan ke dalam kulkas.
Ilustrasi mesin cuci / Pixabay
Mesin Cuci

Aktivitas mencuci dan membersihkan pakaian, seprai, handuk, dan objek berbahan kain lainnya membutuhkan tenaga dan waktu agar kebersihan tetap terjaga.

Tak ayal, mesin cuci menjadi perangkat andalan dalam membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mesin cuci antara lain:

  • Hindari meletakkan mesin cuci di kamar mandi. Pengguna kerap meletakkan mesin cuci di kamar mandi agar memudahkan saat proses mencuci dan pembuangan air. Ini harus dhindari, karena lingkungan yang lembab membuat mesin cuci mudah koslet sehingga berbahaya bagi keamanan pengguna.
  • Perhatikan selalu kapasitas mesin cuci yang dimiliki. Jangan memaksakan mesin cuci bekerja terlalu berat karena dapat merusak drum mesin cuci.
  • Bersihkan tabung, laci detergen dan filter mesin cuci secara teratur. Menjaga kebersihan perangkat berarti menjaga kualitas kebersihan dari pakaian atau objek lain yang dicuci menggunakan mesin cuci.
Ilustrasi oven / Pixabay
Oven

Selama menghabiskan waktu di rumah, aktivitas seperti memasak dan membuat kue kian digemari.

Oven, menjadi perangkat dapur favorit yang dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan dan camilan favorit keluarga.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar oven tetap aman digunakan setiap hari, yakni:

  • Bersihkan secara rutin sisa masakan yang menempel di bagian dalam serta luar oven agar oven tetap terjaga higenitasnya. Sisa masakan yang dibiarkan dalam perangkat dapat berkembang menjadi bakteri, yang tentu berbahaya bagi kesehatan.
  • Jika menggunakan oven gas, perhatikan selalu regulator serta gas yang digunakan, jangan sampai membuat masakan yang diolah terkontaminasi bau gas karena regulator tidak terpasang dengan baik.
Ilustrasi alat pendingin ruangan alias AC / Pixabay
AC

Kenyamanan suhu ruangan menjadi faktor penunjang penting dalam melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Karenanya AC menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang kian penting untuk dijaga kinerja dan kebersihannya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan AC:

  • Perhatikan kondisi ruangan. Sesuaikan besar PK dengan luas ruangan yang akan dipasangi pendingin ruangan. Selain itu, ketika AC digunakan, pastikan ruangan dalam kondisi tertutup dan minim cahaya matahari. Hal ini agar kerja AC tidak terlalu berat ketika mendinginkan ruangan.
  • Waspada debu. AC bekerja dengan cara menghisap dan menghembuskan udara. Apabila terdapat banyak debu yang melekat di lemari, meja atau benda lain di sekitar perangkat, AC akan cepat kotor, sehingga udara yang dihasilkan pun akan terpengaruh higenitasnya.
  • Rutin bersihkan AC, minimal 3 bulan sekali. Jangan lupa untuk mencabut listrik saat AC dibersihkan untuk keamanan. (SKO)
Tags:
ACelektronikHeadlineKulkasLemari EsMemasakOventips kesehatanTips Merawat Elektronik
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: