Penguatan IHSG Diprediksi Berlanjut, Intip Saham Pilihan MNC Hari Ini

13 Agustus 2021 08:09 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Sukirno

Karyawan melintas di depan layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin, 21 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang melanjutkan penguatan pada perdagangan Jumat, 13 Agustus 2021. Sejumlah sentimen dari dalam dan luar negeri turut mengiringi perdagangan akhir pekan ini.

Direktur PT MNC Asset Management Edwin Sebayang melihat penguatan terbatas pada IHSG masih akan berlanjut pada hari ini, merujuk tipisnya kenaikan indeks DJIA dan EIDO kemarin. Naiknya harga beberapa komoditas seperti batu bara, emas, dan nikel juga akan menjadi katalis positif indeks.

Di sisi lain, kata dia, dampak kejatuhan harga minyak, crude palm oil (CPO), dan timah memberikan ruang terjadinya aksi ambil untung atas saham-saham di bawah komoditas tersebut. Belum lagi dengan tingginya kasus kematian baru akibat COVID-19 di Indonesia serta kenaikan yield obligasi AS tenor 10 tahun.

“Secara teknikal, IHSG diproyeksikan bergerak pada rentang 6.091 – 6.183,” tulis Edwin dalam paparan riset yang diterima TrenAsia.com, Jumat, 13 Agustus 2021.

Dengan analisis tersebut, ia merekomendasikan sejumlah saham unggulan yang menurutnya layak untuk disimak dan dapat menjadi pertimbangan investor. Di antaranya ITMG, AALI, MDKA, UNTR, ADRO, ACES, INTP, JSMR, INTP, INCO, MTDL, PTBA, dan TLKM.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 0,84% menuju level 6.139,65 pada perdagangan Kamis, 12 Agustus 2021. Pada saat itu, investor asing tercatat melakukan aksi jual bersih (net sell) sebesar Rp505,57 miliar di tengah pergerakan indeks komposit yang cukup optimistis.

Berita Terkait