Penemuan Jasad Eril Hingga Pembagian Dividen Jumbo Cimory, Berikut 9 Trending Isu Hari Ini

10 Juni 2022 19:02 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menunggu pencarian putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril yang hilang di Sungai Aare Swiss (Instagram.com/@ataliapr)

JAKARTA - Sejumlah isu mewarnai pemberitaan hari ini, Kamis, 10 Juni 2022. Mulai dari isu ekonomi, umum, hingga selebriti.

Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online, dan media sosial hari ini.

1. Jenazah Eril Ditemukan

Kepolisian Bern, Swiss, mengumumkan telah menemukan jenazah Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menghilang di Sungai Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022.

Dalam keterangan resmi yang dirilis kepolisian Bern, disebutkan adanya seorang pria tidak bernyawa ditemukan di Bendungan Engehalde pada Rabu, 8 Juni 2022 pukul 6.50 waktu Swiss.

Setelah menerima laporan tentang adanya jenazah di Engehalde, spesialis dari polisi maritim dan polisi Cantonal melakukan penyelamatan dan memastikan bahwa tubuh yang ditemukan itu sudah tidak bernyawa.

2.  Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2022 Jadi 4,7%

Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan ekonomi atau Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022.

OECD memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 hanya sebesar 4,7% yoy, atau lebih rendah dari perkiraan sebelumnya pada akhir tahun lalu sebesar 5,2% yoy.

Lembaga tersebut mengingatkan, peningkatan inflasi bisa menjadi batu sandungan bagi progres pemulihan ekonomi Indonesia. Hal ini juga berkaitan dengan suplai global yang tertekan akibat eskalasi perang Rusia dan Ukraina.

3. Survey BI Sebut Masyarakat Makin Yakin Ekonomi Indonesia Membaik

Masyarakat cukup optimistis kondisi ekonomi Indonesia akan terus menguat. Hal ini terindikasi dalam survei keyakinan konsumen yang digelar oleh Bank Indonesia.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menjelaskan, dalam survei konsumen Mei 2022 yang dijalankan oleh Bank Indonesia menunjukkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2022 sebesar 128,9. Angka ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang ada di angka 113,1.

4. Performa Industri Perbankan Baik, Kredit Tumbuh 9,10 Persen di April

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa, menyatakan ekonomi Indonesia semakin membaik. Hal itu berdampak positif juga ke industri perbankan yang terus menunjukkan performa sangat meyakinkan.

Permodalan perbankan selama pandemi hingga saat ini juga masih solid dengan rasio CAR per April 2022 mencapai 24,32 persen. Gross NPL juga terus menunjukkan perbaikan dari kondisi di masa pandemi yang sempat mengalami kenaikan di atas 3 persen.

5. Hoax BRI Biaya Administrasi ATM Jadi Rp150.000

Saat ini marak aksi kejahatan digital yang disebarluaskan melalui jejaring aplikasi pesan singkat, sosial media, hingga surat elektronik yang memuat sejumlah informasi palsu (hoax) dalam bentuk gambar, tautan, bahkan mengatasnamakan pihak bank. Kali ini penyebar hoax melibatkan nama PT Bak Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

Adapun modus kejahatan terbaru tampak dari viralnya gambar tangkapan layar yang tersebar luas melalui sejumlah aplikasi pesan singkat yang berisi perubahan biaya administrasi ATM BRI yang tidak dikenakan biaya Rp6.500 per transaksi, melainkan Rp150 ribu per bulan dengan unlimited transaksi.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan informasi tersebut tidak benar. Pihak BRI mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap berbagai tindakan penipuan perbankan.

6. BEI Akan Luncurkan Produk Investasi Baru

Produk investasi Waran Terstruktur atau Structured Warrant yang akan diluncurkan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada semester II/2022 dinilai dapat memberi banyak keuntungan untuk investor, khususnya investor yang ingin melakukan diversifikasi portofolio.

Head of Equity Derivatives PT RHB Sekuritas Indonesia Kenneth Zhao mengatakan, investor akan dimudahkan ketika ingin melakukan diversifikasi portofolio karena nominal pembelian Waran Terstruktur lebih terjangkau jika dibandingkan dengan membeli saham utamanya.

7. Ketua Dewan Syuro PKB KH. Dimyati Rois Meninggal Dunia

Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH. Dimyati Rois dikabarkan meninggal dunia, saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Tlogorejo, Semarang, Jawa Tengah.

Kabar meninggalnya kiai sepuh Pondok Pesantren Al-Fadlu wal Fadilah itu, disampaikan Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid.

Dikatakan Hasanuddin, Kiai Dimyati meninggal karena faktor usia dan kondisi kesehatan yang menurun. KH. Dimyati Rois meninggal pada usia 77 tahun.

8. PSSI Digugat Perusahaan Belgia Target Eleven Gara-gara Utang Rp 672 M

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) digugat permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). Gugatan dilayangkan perusahaan asal Belgia, Target Eleven di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Gugatan itu dilayangkan karena PSSI dinilai tidak membayar utang senilai 43 juta euro atau Rp 672 miliar. Utang terkait kerja sama antara kedua pihak pada 2013 terkait Liga Prima Sportindo Indonesia (LPSI).

9.  Cimory Tebar Dividen Jumbo Rp 500 Miliar

Pemegang saham PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) menyetujui pembagian dividen tunai 2021 sebesar Rp 500 miliar. Hal itu telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diselenggarakan Kamis, 9 Juni 2022.

Dividen akan didistribusikan secara proporsional kepada para pemegang saham perseroan yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan (recording date) pada 21 Juni 2022.

Adapun sepanjang 2021, perseroan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 790,23 miliar. Selain dibagikan sebagai dividen, sebesar Rp 15,87 miliar dari laba tahun buku 2021 disisihkan sebagai cadangan sebagaimana disyaratkan pada Pasal 70 UUPT dan sesuai Pasal 22 Anggaran Dasar Perseroan.

Selain pembagian dividen, RUPS juga menyetujui perubahan manajemen perseroan dengan menyetujui pengunduran diri Yerki Teguh dari jabatannya selaku Direktur perseroan. 

Berita Terkait