Penemuan Baru! NASA Temukan Uap Air di Bulan Terbesar Planet Jupiter

27 Juli 2021 18:05 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

NASA

JAKARTA - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menemukan uap air di atmosfer bulan terbesar Planet Jupiter, Ganymede. Temuan tersebut dilihat oleh para astronom NASA lewat teleskop luar angkasa miliknya, Hubble.

Dalam pengamatan yang dilihat dari teleskop Hubble dalam dua dekade terakhir, ilmuwan NASA menemukan bukti bahwa terdapat uap air di atmosfer tipis di Ganymede.

Air tersebut diduga tidak berasal dari laut bawah tanah, melainkan dari lapisan es di permukaan bulan yang telah menguap.

"Ini dihasilkan ketika partikel bermuatan mengikis permukaan es," ujar Lorenz Roth, Kepala Peneliti dari dari KTH Royal Institute of Technology of Stockholm, Swedia.

Sebelumnya, para ilmuwan NASA menduga bahwa bulan terbesar dalam tata surya tersebut mungkin memiliki lautan cair seluas 100 mil di bawah permukaannya. Berdasarkan hipotesa, lautan tersebut dapat menampung kehidupan mahluk hidup akuatik.

Meskipun tidak banyak bicara tentang potensi bulan untuk kehidupan mahluk hidup, keberadaan uap air ini menambah pemahaman para ilmuwan tentang atmosfer di Ganymede. 
Bedasarkan laporan dari Bussiness Insider pada Selasa, 27 Juli 2021, para Ilmuwan telah menemukan bahw atmosfer pada Ganymade mengandung oksigen berdasarkan penelitian sebelumnya.

"Sejauh ini hanya molekul oksigen yang telah diamati," kata Lorenz. 
 

Berita Terkait