Penduduknya Pernah Diterpa Malapetaka, Inilah 5 Tempat yang Disebut Desa Terkutuk

22 Agustus 2022 21:02 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

JAKARTA- Istilah desa terkutuk biasanya banyak dijumpai di film horor yang erat kaitannya dengan dunia supranatural.

Sebut saja desa Harjosari yang ada dalam sinema Perempuan Tanah Jahanam buatan Joko Anwar. Desa tersebut dikutuk oleh leluhur bahwa setiap bayi yang lahir tak akan memiliki kulit karena satu peristiwa.

Di era modern ini, desa terkutuk dipercaya tak lagi ada lantaran sekarang  wilayah terkecil dalam sebuah residen ini sudah mulai ikut modern.

Namun siapa sangka, desa terkutuk rupanya masih eksis di dunia. Sejumlah desa disebut sebagai desa terkutuk.

Hal ini terjadi lantaran satu dan berbagai hal, salah satunya adalah malapetaka yang menimpa penduduknya. Lantas, desa mana sajakah yang dipercaya sebagai desa terkutuk? Berikut daftarnya.

1. Kuldhara, India

Reruntuhan Khuldara, India

Kuldhara merupakan sebuah desa kuno di India. Di tempat ini terdapat ratusan rumah batu dan jalanan berdebu yang telah kosong karena dikutuk.

Sebelum ditinggalkan, dulunya Kuldhara adalah tempat yang makmur dan dihuni lebih dari 1.500 penduduk. Kuldhara menjadi tempat tinggal Komunitas Brahmana Paliwal pada abad ke-13. d

Pada abad ke 19 seluruh penduduk lenyap dalam semalam.

Menurut Listverse, hilangnya penduduk di sana masih menjadi misteri bahkan para sejarawan pun dapat memprediksi kenapa kondisi tersebut terjadi.

Berdasar kepercayaan, perdana Mngteri Jaisalmer, Salim Singh dulunya menindas penduduk desa dengan mewajibkan membayar upeti.

Suatu hari ia jatuh cinta dengan seorang gadis yang merupakan puteri kepala desa Kuldhara. Karena ingin mempersunting sang putri, Salim mengancam penduduk lokal jika lamarannya ditolak.

Takut dengan ancaman tersebut, seluruh warga di desa tersebut memutuskan pergi meninggalkan rumah mereka. Saat meninggalkan desa, para penduduk mengutuk desa tersebut bahwa tidak ada seorang pun yang bisa hidup di sana.

Ikrar dari utukan tersebut berisi, bagi siapa saja yang bernyali menempati bekas rumah mereka akan mendapat malapetaka dan menghilang dalam sekejap.

2. Cinco Saltos, Argentina

Danau Pellegrini, Chico Santos Argentina

Cinco Saltos merupakan desa di negara bagian Amerika Latin, yang berada di Rio Negro, Argentina. Tempat ini dikenal sebagai kota kegelapan, dan dikenal dengan sebutan kota penyihir.

Di Cinco Saltos, terdapat sebuah danau bernama Danau Pellegrini. Tempat ini dipercaya sebagai lokasi paling umum digunakan untuk kegiatan ritual pemujaan setan.

Penduduk setempat mengatakan, para pemuja setan itu  sering menculik anak-anak kecil untuk dijadikan tumbal, meski hal tersebut belum pernah terbukti kebenarannya.

3. Yarumal, Kolombia

Yarumal, Argentina

Desa yang terletak di Kolombia ini memiliki kutukan yang tak biasa. Separuh dari penduduk desa yang berisi 5000 jiwa ini dipercaya akan menderita alzheimer bahkan sebelum usia mereka tua.

Fenomena ini pernah dipelajari oleh para ilmuwan. Menurut mereka, seorang penakluk Spanyol pada abad ke-17 kemungkinan besar menempatkan orang-orang yang mengidap mutasi genetik awal kepada orang-orang yang nantinya akan menjadi penduduk menjadi Yarumal.

Dikenal sebagai E280A, mutasi ini dimiliki oleh sebagian besar penduduk di Yarumal hanya karena mereka berbagi sebagian besar DNA yang sama.

Saat ini Para peneliti yakin bahwa Yarumal memegang kunci untuk memecahkan demensia. Dengan demikian, desa pegunungan telah menjadi satu laboratorium raksasa dengan penduduk desa berperan sebagai pasien.

4. Dargavs, Rusia

Dargavs, Rusia

Desa yang terletak di wilayah punggung gunung   Ossetia-Alania, Rusia ini dikenal dengan sebutan desa mati.

Dargavs tadinya merupakan sebuah  pekuburan kuno yang luas. Pada Abad Pertengahan, suku Ossetia (atau Alanian) yang tinggal di sana memutuskan untuk mengubur keluarga mereka di ruang bawah tanah yang dibangun agar terlihat seperti rumah.

Dari jauh, Dargavs tampak seperti pemukiman pedesaan mana pun. Namun begitu berada di dalam salah satu rumah putih berbentuk aneh, pengunjung segera menyadari bahwa rumah-rumah ini penuh dengan tulang belulang .

Penduduk yang masih tinggal di wilayah Dargavs  menolak untuk pergi ke dekat pekuburan. Mereka percaya pada legenda yang menyatakan bahwa siapa pun yang mengunjungi makam Dargavs pasti akan mati .

5. Yangsi, China

Desa Yangsi yang terletak di Provinsi Sichuan, China Barat Daya. Desa ini dipercaya jadi desa terkutuk lantaran dihuni oleh manusia-manusia kerdil.

Sejumlah peneliti telah mencoba semua metode, mulai dari menguji butiran tanah hingga air di wilayah itu untuk mengetahui alasan dibalik kondisi tersebut. Namun mereka masih belum bisa menemukan apa penyebab warga bisa mengalami hal demikian.

Berdasar kepercayaan yang dikemukakan para tetua adat, desa tersebut dikutuk oleh para nenek moyang Yangsi karena tidak diberikan tempat pemakaman yang layak.

Berita Terkait