Pencegahan Covid-19 Harus Jangkau Unit Terkecil

JAKARTA—Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa penanganan pandemi COVID-19 harus menjangkau unit terkecil, yakni lingkungan. Menurut Budi, pihaknya mengaku akan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk mewujudkan langkah ini.

Langkah kolaborasi dari berbagai pihak itu akan diterapkan dengan cara memberikan informasi yang akurat seputar COVID -19 kepada masyarakat melalui para pamong tingkat desa hingga kecamatan. Para pamong nantinya melibatkan elemen lain seperti karang taruna dan sebagainya. Informasi yang diberikan berupa gejala yang ditimbulkan positif COVID-19, kewaspadaan, dan pencegahan virus ini.

“Ini sejalan dengan apa yang Presiden Joko Widodo katakan: solidaritas sosial dan kerja sama adalah kekuatan utama bangsa ini untuk mengatasi pandemi COVID-19,” kata Budi.

Budi mengatakan, informasi yang akurat adalah kunci untuk bersama-sama dalam menghadapi pandemi covid-19. Dia juga menambahkan bahwa pemerintah telah menyediakan data, informasi, dan materi pendidikan publik yang komprehensif.

Berbekal informasi dan pengetahuan yang akurat, para pamong dan karang taruna tersebut nantinya dapat memobilisasi penduduk desa untuk melakukan tindakan bersama dalam mencegah penyebaran covid-19, bahkan dapat membantu mereka yang telah terinfeksi virus ini.

Tags:
Virus Corona
%d blogger menyukai ini: