Pemulung dan Gelandangan Jakarta Bisa Kerja di BUMN Berkat Mensos Risma

January 09, 2021, 06:48 AM UTC

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat mempekerjakan pemulung dan gelandangan Jakarta di perusahaan BUMN / Twitter @KemensosRI

JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini mempekerjakan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di wilayah Jakarta untuk bekerja pada salah satu anak badan usaha milik negara (BUMN).

Anak usaha perusahaan pelat merah PT PP Properti Tbk (PPRO) dipilih Risma sebagai tempat bekerja baru yang diberikan kepada lima tunawisma yang terdiri dari gelandangan dan pemulung.

Mereka akan bertugas sebagai tukang kebun dan petugas kebersihan di kawasan Grand Kamala Lagoon Bekasi yang dikembangan oleh perusahaan.

“Kita akan mempekerjakan lima pemulung yang kita temukan dari berbagai kawasan. Dia bisa bekerja, saya sudah akseskan ke pekerja dan sudah bekerja lima orang di situ,” ujarnya, Jumat 8 Januari 2021.

Adapun alasannya mempekerjakan kelima PMKS tersebut adalah sebagai salah satu cara dalam upaya menuntaskan kemiskinan, terutama bagi mereka yang terbiasa hidup di jalanan Ibu kota.

Sebab, sambung Risma, para tunawisma tidak akan keluar dari kemiskinan jika hanya diberi bantuan seperti biasa.

Kementerian Sosial (Kemensos) bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam mengurus dokumen kependudukan para pemulung dan gelandangan itu. Pasalnya, mereka tidak memiliki dokumen pribadi seperti layaknya penduduk.

Sebagai informasi, para tunawisma itu terlebih dulu ditampung di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pemulung (BRSEGP) Pangudi Luhur Bekasi sebelum dipekerjakan. (SKO)

Berita Terkait