Pemda Hadirkan Desain Alun-alun Baru Demi Pacu Potensi Sumedang

JAKARTA – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menghadirkan desain baru alun-alun Kabupaten Sumedang guna mendorong potensi pariwisata agar semakin cemerlang.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan dirinya merancang sendiri desain baru alun-alun ini. Desainnya memiliki konsep ruang publik yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti arena bermain anak, ruang interaksi, hingga terdapat sudut tantang sejarah Sumedang Larang.

“Konsepnya khas dari saya. Selalu ada ruang pasif banyak hijaunya dan ada ruang aktif yang banyak perkerasannya,” imbuh pria yang akrab disapa Kang Emil itu pada peresmian wajah baru Alun-alun Kabupaten Sumedang bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad, Sabtu (14/03).

Pembaharuan alun-alun Sumedang ini, merupakan bagian dari program revitalisasi alun-alun di 27 kabupaten/kota di provinsi Jabar. Untuk alun-alun Sumedang sendiri, menghabiskan biaya mencapai Rp16 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jabar.

Sementara, Sumedang memiliki potensi dalam bidang pariwisata yang luar biasa. “Untuk itu, wajah baru alun-alun Sumedang diharapkan bisa meningkatkan berbagai potensi keragaman wisatanya, baik wisata alam maupun seni budaya,” ujarnya.

Kang Emil juga mengaku telah memberikan amanah ke Pemda Kabupaten Sumedang untuk fokus dalam bidang pariwisata.

“Tinggal ditingkatkan lagi keragaman potensinya. Selain alun-alun ada pusat budaya di Rancakalong, ada juga nanti bikin sebuah pusat wisata di Jatigede,” papar Kang Emil.

Terlebih, pria kelahiran tahun 1971 itu optimistis bahwa Sumedang akan menjadi kabupaten maju terutama di bidang pariwisata. Apalagi, setelah rampungnya pembangunan Tol Cisumdawu. Sehingga akses menuju Sumedang semakin mudah.

Sejalan dengan arahan Gubernur Jabar, Pemda Kabupaten Sumedang memang telah memprioritaskan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, pada kesempatan yang sama, Pemda Kabupaten Sumedang meluncurkan Calender of Events Explore Sumedang 2020. Dimana di dalamnya terdapat 32 agenda kegiatan yang akan berlangsung sepanjang tahun 2020.

Tags:
Alun-alunpariwisataridwan kamilSumedang
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: