Pembangunan Sirkuit Mandalika Digenjot

JAKARTA-PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP) tengah menggenjot pembangunan Sirkuit Mandalika dalam rangka menyambut penyelenggaraan MotoGP di akhir 2021.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan untuk mempercepat pembangunan itu, perseroan dan PTPP melakukan perjanjian kerja sama senilai Rp900 miliar.

“Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia. Sehingga kami akan memastikan pembangunan sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standar internasional,” kata Kartika, Rabu, 15 Juli 2020.

Menurutnya, Sirkuit Mandalika memiliki potensi untuk mendorong industri pariwisata Tanah Air karena keunikannya dengan suasana pinggir pantai yang indah sehingga menjadi daya tariknya tersendiri.

Dia menambahkan Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer itu merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun mulai dari tahap konsep serta menawarkan pemandangan indah ke bukit-bukit dan pantai yang menjadi kekayaan alami kawasan pariwisata di selatan Pulau Lombok ini.

Pembangunan Sirkuit Mandalika ini akan menggunakan skema PreFinanced Project di lahan seluas 52,5 hektare yang berlokasi pada kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyampaikan dengan menggandeng emiten konstruksi plat merah tersebut, perseroan yakin akan menghasilkan sebuah sirkuit jalan raya berkualitas Internasional dan sesuai standar yang ditentukan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Saat ini proses pembangunannya telah mencapai 40%. Sementara untuk proses pengaspalan dijadwalkan akan mulai dilakukan pada Januari 2021. Secara keseluruhan, pembangunan Sirkuit Mandalika ditargetkan rampung pada pertengahan 2021.

Dikatakannya, dengan perjanjian ini PTPP akan melanjutkan pembangunan Sirkuit Mandalika yang sudah berlangsung sampai tahap final project hand over.

ITDC pun menunjuk anak usahanya yaitu Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk menangani persiapan serta penyelenggaraan ajang tersebut.

“Penyelengaraan event MotoGP diyakini akan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga mencapai 300 ribu orang per tahun serta memberikan positioning yang kuat bagi Indonesia sebagai negara tujuan hiburan olahraga unggulan di Asia,” kata dia.

Tags:
ITDCmotogpPT Pembangunan Perumahan (Persero) TbkPT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)PTPPSirkuit Mandalika
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: