Pemakaman Terhormat Bagi Hewan Peliharaan di Hong Kong

09 September 2021 21:00 WIB

Penulis: Fadel Surur

Editor: Rizky C. Septania

HONG KONG – Di Hong Kong, tempat di mana tanah langka dan penguburan mahal, pemilik hewan peliharaan dapat memilih “penguburan hijau” di banyak tempat krematorium hewan – pilihan yang menurut Kent Luk, pengelola penampungan anjing, membawa belas kasihan kepada kematian mereka.   

Luk, pemilik Paws Guardian Rescue Shelter di kota itu merawat sekitar 500 anjing liar sekaligus. Luk akhirnya merawat banyak anjing sampai mereka mati.

Menurutnya, mengadakan pemakaman penuh hormat untuk anjing-anjing liar ini menambah martabat di akhir hidup mereka.

“Kami tidak ingin mereka berakhir di antara sampah. Kami ingin mereka diperlakukan dengan hormat,” katanya pada Reuters

Proses kremasi dilakukan di rumah duka hewan terdekat dan dikenakan biaya simbolis. Pemilik hewan peliharaan lainnya membayar tarif lebih tinggi, mulai dari HK$1.400 ($180) atau lebih untuk hewan lebih besar.

Sang pemilik dapat mengucapkan perpisahan kepada peliharaan mereka di kamar yang telah ditentukan. Kemudian, mereka bisa memilih untuk membawa abunya pulang atau menyebarkannya di taman fasilitas pemakaman.

Joey Wong, yang memilih kremasi untuk kucingnya, Suet Suet, mengatakan ia ingin menyebarkan abu kucingnya di kaki pohon palem di balkonnya.

Wong ingin mengadakan upacara pemakaman seperti manusia untuk Suet Suet.

“Dia bisa melihat kita dari balkon … dan dia tetap menjadi bagian hidup kami dan bersama dengan anak-anak saat mereka tumbuh dewasa,” kata Wong. 

Berita Terkait