Pelaku UMKM, Silakan Pakai Fitur “Daftar Mandiri” di GoBiz

JAKARTA – GoBiz, salah satu fitur andalan Gojek, kini mengembangkan inovasi layanan Daftar Mandiri yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha untuk go digital.

Dalam aplikasi tersebut, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat melakukan pendaftaran, mengecek status verifikasi, dan mengaktivasi akun secara mandiri.

GoBiz adalah bagian dari Gojek yang memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk go digital di tengah situasi yang penuh tantangan ini,” ujar Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung dalam siaran tertulis yang diterima TrenAsia.com, Rabu, 16 September 2020.

Menurutnya, selama dua tahun terakhir, lebih dari 90% mitra usaha Gojek merasa terbantu dengan teknologi yang tersedia, salah satunya aplikasi GoBiz.

Pada periode Maret hingga Agustus 2020, tercatat 265.000 pelaku UMKM kuliner yang bergabung sebagai mitra merchant GoFood. Hal ini dinilai sebagai bukti bahwa pelaku bisnis telah menyadari pentingnya go digital.

Hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menyebutkan, aplikasi GoBiz dinilai membantu mitra lewat program pengaturan promosi sendiri (68%), disusul layanan lainnya, seperti layanan pembayaran GoPay (39%) dan layanan pengantaran Gojek (33%).

Novi pun mengakui, secara tidak langsung pemberlakuan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta, membuat para pelaku UMKM ingin melakukan transformasi digital. Oleh karena itu, pihaknya meyakini kemudahan dan keamanan akses dalam proses aktivasi kian mendukung mitra untuk memulai usaha dan beradaptasi.

Keuntungan

Adapun sejumlah keuntungan yang didapatkan pada aplikasi GoBiz, yakni kemudahan pengembangan usaha, perluasan akses pasar melalui GoFood, pembayaran nontunai dengan GoPay, pembayaran di outlet dengan QRIS, pengaturan promosi secara mandiri, dan pengajuan modal usaha.

Di samping itu, kemudahan operasional bisnis, seperti pencatatan dan rekap otomatis seluruh transaksi, manajemen resto, dan laporan cepat terintegrasi dengan Point of Sale (POS).

Calon mitra cukup mengunduh aplikasi GoBiz di Google Play Store dan mengisi formulir registrasi daring.

Pengisian informasi terkait identitas pemilik, informasi bank, informasi usaha, hingga area operasional. Apabila data kurang lengkap, tim verifikasi akan kembali menghubungi pendaftar. Setelah lolos verifikasi dan konfirmasi ulang, akun akan teraktivasi dan mitra usaha bisa mulai menerima pesanan dengan GoBiz.

Tags:
GoBizgofoodgojekGojek IndonesiaKulinerMerchant GoFoodumkmUsaha Mikro Kecil dan Menengah
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: