Patok Harga Pelaksanaan Lebih Tinggi, IPO IDEA Berpotensi Raup Dana Rp29,75 Miliar

02 September 2021 22:00 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Rizky C. Septania

Kantor pusat Bursa Efek Indonesia (BEI) di kawasan Senayan, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA – PT IDeA Indonesia Akademi Tbk (IDEA) tengah memasuki masa penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO). Perusahaan penyedia jasa pendidikan vokasi non formal ini membidik dana sebesar Rp29,75 miliar melalui aksi korporasi ini.

Berdasarkan pengumuman PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), perseroan menawarkan 212.487.500 dengan nilai nominal saham Rp40 per lembar. Sementara itu, harga pelaksanaan dipatok pada kisaran Rp140 per lembar.

“Kami informasikan Penawaran Umum Perdana atas Saham PT Kedoya Adyaraya Tbk telah didaftarkan oleh Emiten yang bersangkutan ke dalam penitipan kolektif KSEI,” tulis pengumuman tersebut, Kamis, 2 September 2021.

Harga pelaksanaan saat ini lebih tinggi dibandingkan dengan yang telah ditetapkan perseroan sebelumnya. Dalam prospektus ringkasnya beberapa waktu lalu, IDEA memberikan penawaran harga IPO pada rentang Rp120 – Rp 125 per lembar.

Perseroan menunjuk PT Indo Capital Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan PT Phillip Sekuritas Indonesia sebagai penjamin emisi efek. Sedangkan, IPO perseroan menggunakan sistem penawaran umum elektronik.

Bersamaan dengan penyelenggaran IPO, perseroan turut menerbitkan opsi saham untuk program MESOP sebanyak-banyaknya 2% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO atau sebanyak-banyaknya 21.248.750 lembar saham.

Rencananya, sekitar Rp5 miliar dari total keseluruhan dana hasil IPO, bakal digunakan perseroan untuk menyelesaikan pembangunan asrama. Kemudian, sebanyak Rp15 akan dialokasikan untuk penyertaan saham di anak perusahaan, yaitu PT AIP.

Rinciannya, Rp11 miliar akan digunakan untuk penyelesaian pembangunan hotel milik PT AIP. Lalu, sisanya sebanyak Rp4 miliar diperuntukkan sebagai modal kerja entitas usaha IDEA tersebut. 

IDeA Indonesia Akademi merupakan perusahaan penyedia jasa pendidikan vokasi non formal bidang hospitality, culinary, pastry – bakery dan creative economy hasil transformasi dari Lembaga Pelatihan Hospitality yang berdiri sejak 2009. Perseroan juga tercatat memiliki dua anak usaha.

Pertama, PT Aidia Indonesia Propertindo yang memiliki dan mengoperasikan Aidia Grande Hotel, Hotel setara bintang tiga yang berlokasi di Kota Metro, Lampung. Lalu, PT Idea Hospitality Management (IHM), yakni perusahaan di bidang hotel operator yang disiapkan untuk ekspansi usaha Perseroan.

 

Jadwal IPO

 

Tanggal Efektif: 31 Agustus 2021

Masa Penawaran Umum: 2 – 7 September 2021

Tanggal Penjatahan: 7 September 2021

Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan: 8 September 2021

Tanggal Distribusi Saham: 8 September 2021

Tanggal Pencatatan di BEI: 9 September 2021

Berita Terkait