Pascakenaikan Suku Bunga The Fed dan BI, Nilai Kurs Rupiah Tembus Rp15.023 per USD

22 September 2022 19:30 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Yosi Winosa

Ilustrasi mata uang dolar S dan rupiah (TrenAsia/Ismail Pohan)

JAKARTA - Nilai kurs rupiah menembus level Rp15.023 perdolar Amerika Serikat (AS) pascakenaikan suku bunga yang diinisiasi The Federal Reserve (The Fed) dan Bank Indonesia (BI).

Mengutip data perdagangan Bloomberg, Kamis, 22 September 2022, nilai kurs rupiah ditutup melemah 26 poin dari penutupan perdagangan sebelumnya di posisi Rp14.997 perdolar AS.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, dolar AS melonjak ke level tertinggi dalam 20 tahun terakhir setelah The Fed mendongkrak suku bunga untuk meredam inflasi.

Menurut Ibrahim, untuk perdagangan Jumat, 23 September 2022, nilai kurs rupiah berpotensi untuk bergerak di kisaran Rp15.000 - Rp15.060 perdolar AS.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin seperti yang sudah diprediksi sebelumnya oleh analis dan pelaku pasar.

Gubernur The Fed Jerome Powell pun mengatakan bahwa pihaknya selaku bank sentral AS akan mempertahankan kenaikan suku bunga walaupun hal itu akan diikuti oleh tekanan pada pertumbuhan ekonomi dan pasar tenaga kerja.

"Inflasi diperkirakan akan tetap jauh di atas target 2% The Fed setidaknya untuk dua tahun ke depan," ujar Ibrahim dikutip dari riset harian, Kamis, 22 September 2022.

Sementara itu, BI dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) hari ini pun mengumumkan keputusan untuk menaikkan suku bunga acuan BI-7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 50 basis poin menjadi 4,25%. Angka itu di atas ekspetasi para pelaku pasar dan analis yang memprediksi kenaikan 25 basis poin.

Ibrahim juga mengatakan bahwa inflasi akan menjadi batu sandungan terhadap target pembangunan jika tidak dikompensasi dengan peningkatan upah yang sebanding dengan kenaikan harga-harga kebutuhan.

"Karena pendapatan akan turun, namun di satu sisi, masyarakat kelas menengah tidak mendapat bantuan sosial," ungkap Ibrahim.

Berita Terkait