Pandemi Melanda, Miliarder Dunia Bertambah

April 07, 2021, 12:15 PM UTC

Penulis: Rizky C. Septania

SOLO – Setahun lebih pandemi Covid-19 melanda dunia. Kelumpuhan ekonomi terjadi di sejumlah negara. Meski begitu, jumlah miliarder di dunia malah bertambah.

Dikutip dari Forbes pada Rabu, 7 April 2021 akumulasi kekayaan miliarder dunia tahun ini mencapai US$131 triliun, naik US$8 triliun dibanding tahun lalu.

Forbes mencatat jumlah miliarder dunia mencapai 2.755 orang di tahun 2021, bertambah 660 orang dibanding tahun lalu.

Dari jumlah tersebut 493 nama diantaranya merupakan pendatang baru. Artinya, dunia mencetak 1 orang miliarder baru dalam kurun waktu satu jam. Sedangkan 250 sisanya merupakan pemain lawas yang namanya sempat hilang dari daftar nama miliarder.

China dan Hongkong menjadi penyumbang daftar miliarder baru terbanyak yakni sekitar 210 orang. Menyusul AS yang mencatat 98 nama miliarder baru tahun ini.

Istri dari pemilik kerajaan kasino, Miriam Andelson tercatat sebagai pendatang baru terkaya di jajaran milyader tahun ini.

Masuknya nama Miriam ke daftar orang terkaya dunia terjadi setelah ia mewarisi kekayaan mendiang suaminya, Sheldon Anderson yang meninggal Januari lalu.

Dalam tulisannya, Forbes menjelaskan sejumlah faktor yang mendukung jumlah pertumbuhan miliarder baru di tengah pandemi dunia seperti terjadinya public offering, lonjakan harga saham serta meroketnya nilai mata uang kripto. (RCS)

Berita Terkait