Paket Tembus 1 Juta Per Hari, Ini Strategi Bisnis SiCepat

05 November 2021 16:42 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Laila Ramdhini

Ilustrasi jasa pengiriman logistik Anteraja, TIKI, JNE, J&T, Sicepat, Lion Parcel, POS Indonesia, yang makin moncer saat booming e-commerce. Ilustrasi: Deva Satria/TrenAsia (Trenasia.com)

JAKARTA – PT SiCepat Ekspress Indonesia (SiCepat) tercatat melayani pengiriman sebanyak 1 juta paket per hari pada 2020. Total nilai transaksi pengiriman SiCepat mencapai lebih dari Rp3,5 triliun, atau tumbuh 194% dibandingkan dengan 2019.

“Perjalanan SiCepat dari 500 paket per hari sampai 2 juta lebih perhari itu karena kami punya konsistensi dalam memberikan layanan dan kedua karena kami juga terus berinovasi, itulah yang membuat pertumbuhan kami cepat seperti sekarang,” kata Chief Marketing & Corporate Communication Officer SiCepat Wiwin Dewi Herawati, dalam Indonesia Brand Forum, dikutip Jumat 5 November 2021.

Dari sisi produk dan layanan, SiCepat membuat paket HELO (hemat 3 kilo) yakni barang 3 kilo, bayar 1 kilo, lalu membuat paket HaLU (harga mulai 5 ribu), dan paket GOKIL (kargo kilat). 

Kreativitas lainnya adalah adalah urusan branding dan marketing. Menerapkan konsep pemasaran multiplatform, SiCepat memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Instagram, YouTube dan TikTok untuk mempromosikan produk layanannya melalui konten interaktif dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan engagement dengan pelanggan. 

“Kami juga terus memberikan pelayanan-pelayanan dan komitmen terbaik kepada para pelanggan untuk terus loyal salah satunya dengan menjadi konsultan marketing mereka," ujar Wiwin.

Di bisnis pengiriman e-commerce, kreativitas begitu penting lantaran dari sisi teknologi, banyak perusahaan bisa membeli peranti teknologi yang paling canggih seperti alat sorting barang sehingga kreativitas justru merupakan competitive advantage yang tinggi. 

Kesadaran ini diwujudkan juga dalam urusan integrasi layanan dengan teknologi yang ada yaitu dengan memberi kemudahan bagi pelanggan. Persisnya dengan mengintegrasikan layanan SiCepat dengan aplikasi SiCepat, WhatsApp Bisnis SiCepat Klik, dan layanan customer service yang responsif. 

“Dengan cara ini, para mitra (Sahabat SiCepat) dan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi mulai dari cek resi, cek ongkos kirim, tracking, hingga layanan request pick up,” lanjut dia.

Berita Terkait