One Way dan Contraflow Arus Balik Lebaran Resmi Dihentikan

09 Mei 2022 07:07 WIB

Penulis: Fakhri Rezy

Editor: Fakhri Rezy

Pemberlakuan oneway (TrenAsia/Ismail Pohan) (trenasia.com)

JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menyatakan one way dan contraflow di arus balik Lebaran 2022 dihentikan. Hal ini berdasarkan atas diskresi Kepolisian Republik Indonesia.

Mengutip keterangan tertulis, berdasarkan diskresi kepolisian, Jasa Marga menutup rekayasa lalu lintas one way periode arus balik di Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta pada hari ini, Senin, 9 Mei 2022 pukul 02.30 WIB.

Sebelum ditutup, one way diberlakukan mulai dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai dengan Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Tidak hanya one way, atas diskresi Kepolisian tersebut, Jasa Marga juga telah menutup contraflow Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang sebelumnya diberlakukan di Km 72 sampai dengan Km 28 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Sepanjang pemberlakuan one way pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri, Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan per jam tertinggi di gerbang tol utama dari Semarang menuju arah Jabotabek yang dioperasikan Jasa Marga. Adapun di antaranya sebagai berikut:
- GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang mencapai 5.068 kendaraan/jam
- GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama mencapai 9.090 kendaraan/jam

Jasa Marga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kesabaran pengguna jalan dalam mewujudkan perjalanan mudik dan balik pada periode Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang aman dan sehat. Jasa Marga juga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan yang terdampak pemberlakuan one way di arah sebaliknya.

Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

Berita Terkait