Museum MACAN Kembali Dibuka, Catat Tanggal dan Harga Tiketnya!

March 07, 2021, 08:25 PM UTC

Penulis: Laila Ramdhini

Pameran Semesta dan Angan: Pilihan Karya dari Koleksi Museum MACAN. / Dok. Museum MACAN

JAKARTA – Sejalan dengan pelonggaran pembatasan sosial di Jakarta, Museum MACAN akan dibuka kembali untuk publik mulai Rabu, 10 Maret 2021. Museum MACAN akan beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan dan keamanan ketat.

Director Museum MACAN Aaron Seeto mengungkapkan pihaknya akan membatasi jumlah pengunjung demi mencegah penularan pandemi COVID-19. Sepanjang 2021, pengunjung bisa menikmati kombinasi antara program daring dan fisik yang dibatasi di museum.

“Ini adalah waktu bagi kita untuk bereksperimen dengan bagaimana kita terhubung dengan publik. Untuk memastikan kesehatan dan keselamatan diprioritaskan, dan untuk memastikan bahwa seni dan budaya tetap menjadi bagian penting dari diskusi kita tentang masyarakat masa depan,” kata Aaron, dalam keterangan resmi, Minggu, 7 Maret 2021.

Jadwal pembukaan kembali museum diisi dengan pengalaman fisik dan virtual, dari pameran baru yang berfokus pada seni kontemporer dari Asia Tenggara, pilihan karya dari koleksi Museum, hingga kegiatan pendidikan dan program bincang dan diskusi seni.

Harga tiket Museum MACAN

Aaron menjelaskan, pada waktu yang terbatas selama periode pembukaan kembali, museum akan memberlakukan harga tiket khusus sebesar Rp56.000-Rp70.000 untuk hari kerja (Selasa-Jumat). Sementara harga tiket di akhir pekan (Sabtu-Minggu) sebesar Rp72.000-Rp90.000.

Untuk akses prioritas, Museum MACAN mengundang pecinta seni untuk mengikuti program keanggotaan tahunan, MACAN Society. Biaya tahunan berkisar antara Rp180.000 dan Rp750.000 untuk pelajar, dewasa, dan pengunjung keluarga.

Tiket ini untuk menikmati akses museum selama setahun. Juga kesempatan untuk mengakses semua pameran sebelum dibuka untuk umum, dan diskon khusus Toko di MACAN dan partisipasi pada program publik Museum MACAN.

Protokol Kesehatan dan Keamanan

Sementara, para tamu yang ingin mengunjungi museum diwajibkan merencanakan kunjungan sebelumnya. Tiket akan dibatasi hingga 100 tiket per sesi dan hanya akan tersedia secara daring. Sedangkan pihak museum akan menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat sejalan dengan peraturan pemerintah.

“Tiket dapat dipesan lebih awal melalui situs resmi www.museummacan.org atau mitra tiket daring yaitu Traveloka, Tiket.com, Go-Tix dan Klook. Sangat disarankan bagi pengunjung untuk mempersingkat proses masuk ke area museum,” kata dia.

Pada setiap hari pembukaan antara Selasa-Minggu, museum akan menawarkan empat slot waktu yang bisa dipilih pengunjung. Tiket berjangka waktu akan diterapkan untuk mengatur jumlah pengunjung di dalam museum pada suatu waktu.

Pengunjung harus datang di antara slot waktu yang dipilih, tetapi diperbolehkan menghabiskan waktu di museum sepuasnya selama jam operasional pukul 10.00-18.00 setiap harinya.

Selama kunjungan, pengunjung harus menggunakan ,etode non-tunai untuk semua transaksi keuangan di dalam museum. Selain itu, masker wajah harus dipakai setiap saat selama kunjungan dan menjaga jarak 2 meter dengan pengunjung lain