Muncul di Rights Issue BBYB, Stafsus Nadiem Makarim Jadi Komisaris Bank Neo Commerce

09 Agustus 2021 09:50 WIB

Penulis: Muhamad Arfan Septiawan

Editor: Sukirno

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim / Kemendigbud.go,id

JAKARTA – Staf Khusus (Stafsus) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (MendikbudRistek) Pramoda Dei Sudarmo terungkap sedang merangkap jabatan di perusahaan swasta. Pramoda rupanya menduduki posisi Komisaris Independen di PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB).

Nama Pramoda ada dalam prospektus singkat Penawaran Umum Terbatas (PUT) V melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue pada Jumat, 8 Agustus 2021.

Pada saat yang bersamaan, dirinya tercatat mendampingi MendikbudRistek Nadiem Makarim sebagai Stafsus Bidang Kompetensi dan Manajemen.

Meski begitu, Pramoda masih harus menunggu restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melegitimasi jabatannya di BBYB. Dirinya masih harus menunggu penilaian OJK mengenai kemampuan dan kepatutan sebagaimana tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) nomor 27/POJK.03/2016.

Selain itu, ada nama Co-Founder TaniHub Pamitra Wineka dan bos Gozco Capital Tjandra Mindharta Gozali yang juga duduk di kursi Komisaris Independen BBYB. Adapun Komisaris Utama Independen BBYB masih dijabat oleh Suprihadi.

Sementara, emiten bersandi BBYB itu tercatat tengah menggelar aksi korporasi PUT V dengan melepas 5 miliar saham atau 40,02% dari modal ditempatkan dan disetor setelah PUT V.

Keputusan tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan yang diumumkan pada 2 Juni 2021. Dana yang diperoleh dari hasil PUT V setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan sebagai modal kerja pengembangan usaha berupa penyaluran kredit dan kegiatan operasional perbankan lainnya.

Berita Terkait