Mulai Hari Ini! Google Blokir Aplikasi Miliknya di Ponsel Android Versi Lama, Cek Daftarnya

28 September 2021 00:19 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

HP Android versi lama bakal tak bisa gunakan layanan ppopler Google (the-sun.com)

JAKARTA  - Google diketahui telah memblokir sejumlah aplikasi miliknya di jutaan HP Android versi lama di seluruh dunia. 

Dengan begitu, seluruh HP Android versi lawas akan  kehilangan akses sejumlah aplikasi bawaan seperti  Maps, YouTube, Gmail, dan aplikasi Google populer lainnya hari ini, Senin, 27 September 2021.

Disebutkan pengguna sistem operasi Android versi yang dikeluarkan satu dekade harus memperbaharui perangkatnya agar dapat masuk ke ekosistem raksasa pencarian google. 
Untuk memeriksa apakah perangkat Android Anda akan terpengaruh, buka aplikasi pengaturan gadget Anda. Ketik Lanjutan Sistem > Pembaruan Sistem.

"Periksa "Versi Android" Anda. Jika di atas Android 2.3, maka Anda aman," tulis the-sun lagi.

Kemungkinannya adalah, perangkat Anda tidak akan terpengaruh oleh pemblokiran tersebut - kecuali Anda telah mengabaikan pembaruan perangkat lunak Android selama satu dekade atau lebih.

Peringatan untuk memeriksa HP penting karena kebanyakan orang mengatur ponsel mereka untuk mengunduh pembaruan secara otomatis saat dirilis.

“Itu berarti Anda kemungkinan besar tidak akan menggunakan versi Android yang lebih baru yang tidak terpengaruh oleh penonaktifan aplikasi Google."

Ponsel Android mana yang akan diblokir dari aplikasi Google?
Google mengumumkan aplikasi ditutup dalam sebuah posting singkat di situs webnya.

Raksasa teknologi itu mengatakan pihaknya berencana untuk memblokir pengguna agar tidak masuk dengan Akun Google mereka di perangkat yang menggunakan Android 2.3.

HP Androdi versi lama

Versi lama dari sistem operasi Google diluncurkan pada Desember 2010. Larangan itu mulai berlaku pada 27 September.

Kecuali pengguna memperbarui ponsel mereka, mereka akan dikunci dari perangkat lunak di ponsel itu untuk selamanya.

Masalahnya adalah, beberapa ponsel lama tidak dapat memperbarui ke yang lebih baru dari Android 2.3.

HP atau Smartphone yang tetap menggunakan Android 2.3 termasuk Sony Xperia Advance, Lenovo K800, Sony Xperia Go, Vodafone Smart II, Samsung Galaxy S2, Sony Xperia P, LG Spectrum, Sony Xperia S, LG Prada 3.0, HTC Velocity, HTC Evo 4G, Motorola Api, dan Motorola XT532. (MLA) ***

Tulisan ini telah tayang di floresku.com oleh redaksi pada 27 Sep 2021 

Berita Terkait