Mudah! Berikut Cara Menjawab Pertanyaan Interview 'Ceritakan Tentang Diri Anda'

25 Januari 2023 07:30 WIB

Penulis: Rumpi Rahayu

Editor: Ananda Astri Dianka

Mudah! Berikut Cara Menjawab Pertanyaan Interview 'Ceritakan Tentang Diri Anda' (Pexels)

JAKARTA - Interview kerja adalah salah satu dari rangkaian seleksi untuk proses rekrutmen. Interview biasanya dilakukan setelah kandidat lolos seleksi berkas dan psikotest. 

Teknis interview kerja berbeda-beda di setiap perusahaan. Namun idealnya ada 2 tahap interview yang harus dilalui oleh kandidat salam proses rekrutmen yaitu interview HRD dan interview user. Walau beberapa perusahaan juga menggunakan interview direksi.

Biasanya di setiap sesi interview, interviewer akan menanyakan berbagai pertanyaan salah satunya adalah ceritakan tentang diri Anda. Tidak perlu panik dan khawatir, Anda dapat menggunakan trik ini agar jawaban Anda tidak terkesan berbelit-belit.

1. Ceritakan Profil Singkat Anda
Pertama Anda dapat memperkenalkan tentang nama Anda. Selanjutnya, Anda dapat menginformasikan status saat ini seperti masih fresh graduate atau sudah berpengalaman. 

Jangan lupa untuk menyampaikan minat besar Anda pada bidang apa dan tambahkan pula informasi-informasi yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

2. Ceritakan Tentang Riwayat Pendidikan Anda
Setelah selesai dengan perkenalan singkat, Anda dapat melanjutkan dengan menyebutkan riwayat pendidikan. Sebutkan pendidikan terakhir seperti nama universitas dan tahun kelulusan Anda beserta dengan jurusan yang Anda ambil. 

Jika nilai akhir Anda bagus, sebutkan juga untuk menambah nilai jual Anda. Anda juga dapat menambahkan untuk menceritakan pengalaman organisasi atau kepanitiaan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

3. Ceritakan Pengalaman Kerja Anda
Anda dapat menceritakan pengalaman kerja Anda seperti nama perusahaan, jenis industri, dan posisi saat itu. Jangan lupa untuk menceritakan juga uraian pekerjaan Anda beserta capaian dan prestasi yang Anda peroleh selama bekerja. 

Untuk fresh graduate, Anda dapat menceritakan pengalaman magang Anda selama masih berkuliah.

4. Ceritakan Skill yang Anda Miliki
Bagian terakhir ini penting karena Anda akan menceritakan kemampuan apa saja yang Anda miliki, sehingga Anda layak untuk memdapatkan posisi yang ditawarkan perusahaan. 

Sebutkan soft skill dan hard skill Anda. Misalnya software apa yang Anda kuasai, tools apa yang pernah Anda gunakan dan lain sebagainya.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai cara menjawab interview ceritakan tentang diri Anda. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait