MRT Jakarta Mulai Ujicoba Angkut Penumpang pada Januari 2019

TrenAsia (TA) - JAKARTA. PT MRT Jakarta akan mulai melakukan uji coba kereta untuk mengangkut penumpang pada bulan Januari 2019. Selanjutnya, operasional MRT secara penuh akan dilakukan mulai pertengahan Maret 2019.  

Uji coba awal kereta MRT sudah dilakukan pada Senin (10/12) yang membawa rombongan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wartawan. Perjalanan MRT dilakukan dari stasiun Bundaran HI menuju ke Stasiun Lebak Bulus. 

Kereta MRT berangkat mulai pukul 16.30 WIB dengan kecepatan 60-80 kilometer per jam. Kereta tiba di Stasiun Lebak Bulus pada pukul 16.45 WIB. Dengan demikian, waktu tempuh perjalanan tersebut mencapai 15 menit karena tidak berhenti di semua stasiun.

Yang membedakan MRT dengan KRL perjalanan yang dilakukan dengan kereta tersebut tidak menimbulkan goyanan ketika akselerasi kereta bertambah. Perjalanan dengan MRT juga terasa lebih halus dan nyaman bagi penumpang. 

“Kalau berhenti di tiap 13 stasiun, perjalanan 30 menit,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar kepada wartawan. 

William mengatakan, saat ini kesiapan MRT sudah mencapai 97,5%. Di samping menyelesaikam pekerjaan interior di stasiun-stasiun, MRT tengah melakukan comissioning test untuk menguji persinyalan. 

Akhir Desember, uji coba operasi penuh dijalankan. Januari 2019, uji coba akan dilakukan dengan penumpang terbatas. “Uji coba dilakukan sampai Maret 2019. Pertengahan Maret 2019 beroperasi,” kata William.(*)(Hidayat, SN)