Berkolaborasi, MotionBanking dan Mastercard Lahirkan MotionMastercard

28 Juli 2021 07:10 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Amirudin Zuhri

Peluncuran MotionBanking dan MotionPay/ Sumber: MNC Bank

JAKARTA – MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) menandatangani MoU dengan Mastercard untuk meluncurkan MotionMastercard, kartu debit dan kartu kredit virtual.

Kartu virtual ini merupakan pengganti kartu debit dan kredit plastik yang dapat digunakan secara digital untuk untuk pembayaran online, di bawah jaringan pembayaran Mastercard. Kemitraan ini akan menjajaki pengembangan Mobile Contactless dengan pengaktifan transaksi NFC (Near-Field Communication). 

Metode pembayaran ini memungkinkan smartphone yang telah memiliki MotionMastercard melakukan pembayaran tanpa kontak, cukup hanya didekatkan pada alat pembayaran merchant. MotionBanking juga berencana untuk membangun kerja sama strategis untuk penerbitan kartu virtual kolaborasi dengan para pemain ecommerce dan new economy lainnya, sejalan dengan pertimbangan solusi pembayaran tanpa kartu.

“Kami juga akan bekerjasama untuk memungkinkan transaksi mobile nirsentuh dalam waktu dekat, serta menerbitkan kartu debit dan kredit co-branding,” kata Navin Jain, Country Manager, Indonesia, Mastercard dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa 27 Juli 2021.

Kartu virtual bukan kartu plastik secara fisik. Sebagai gantinya, enam belas digit nomor kartu bersama dengan kode CVV dapat ditemukan di aplikasi MotionBanking. Sehingga pengguna dapat menggunakannya untuk membayar online di aplikasi favorit secara langsung tanpa harus mengambil kartu dari dompet. 

Kartu virtual pada dasarnya adalah pembayaran kartu kredit "tanpa kartu" yang aman. Setelah disetujui, pemegang kartu dapat menggunakan kartu debit dan kredit virtual untuk berbagai transaksi online.

Kartu debit dan kredit virtual ini dapat diakses langsung dari aplikasi MotionBanking, memberikan kemudahan akses bagi calon pemegang kartu. Dengan kartu debit dan kartu kredit virtual ini, ke depannya, pengguna juga dapat bertransaksi di merchant offline seperti restoran, supermarket, hotel, dan lainnya menggunakan QRIS dan NFC.

COO MotionBanking, Teddy Tee menjelaskan kerja sama ini melengkapi produk kartu debit dan kartu kredit fisik MNC Bank berlogo Mastercard. 

“Kami berharap hadirnya MotionMastercard akan semakin mendorong jumlah transaksi online di Indonesia yang secara konsisten mencetak rekor baru,” lanjut Teddy.

Berita Terkait