Mobil Terbang Milik Perusahaan Slovakia Telah Mendapat Izin Terbang

31 Januari 2022 14:30 WIB

Penulis: Fadel Surur

Editor: Rizky C. Septania

Kendaraan mode ganda “AirCar” asal Slovakia telah mendapatkan surat kelaikan udara oleh Otoritas Transportasi Slovakia. (Klein Vision)

BRATISLAVA - Kendaraan mode ganda “AirCar” asal Slovakia telah mendapatkan surat kelaikan udara (Certificate of Airworthiness) oleh Otoritas Transportasi Slovakia.

AirCar berhasil menyelesaikan penerbangan ujian selama 70 jam dan lebih dari 200 lepas landas dan pendaratan, seperti dikutip TrenAsia.com dari pernyataan Klein Vision, pengembang kendaraan yang dirilis melalui PR Newswire pada 24 Januari 2022.

"AirCar" melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2020 dan menyelesaikan penerbangan antar kota pertamanya pada Juni 2021. 

“Saya terbang melintasi Eropa dan sering berharap saya memiliki mobil terbang karena saya bisa mendarat dan tidak perlu menunggu taksi, atau melewati padatnya terminal,” kata Anton Zajac, salah satu pendiri Klein Vision, seperti dikutip dari Euronews

Prototipe AirCar saat ini memiliki jangkauan terbang 500 km, sayap yang dapat ditarik, dan dilengkapi parasut balistik. Mesin yang digunakan mobil terbang ini adalah BMW 160HP dengan baling-baling tetap.

Perusahaan itu dilaporkan telah mempersiapkan prototipe selanjutnya. Diperkirakan mobil terbang itu akan memiliki jangkauan terbang 1.000 km dan kecepatan 300 km/jam.

Ketika nantinya dijual, AirCar diperkirakan akan dipatok harga US$600.000 sampai US$700.000 atau setara dengan Rp8,6 miliar sampai Rp10 miliar.

Berita Terkait