MNC Kantongi Lisensi BI, Konglomerat Hary Tanoe Rambah Fintech Uang Elektronik

January 16, 2021, 08:32 AM UTC

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

PT MNC Tekonologi Nusantara (MTN) merupakan anak perusahaan dari MNC Kapital yang berfokus pada pengembangan solusi dan sistem pembayaran digital, khususnya uang elektronik dengan produk utama saat ini yaitu SPIN (Smart Payment Indonesia). / Mncfinancialservices.com

JAKARTA – Emiten milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melalui anak perusahaannya, PT MNC Teknologi Nusantara (MTN) berhasil meraih lisensi dari Bank Indonesia (BI) untuk pengembangan sistem jasa pembayaran digital. Payment gateaway ini pun diusung dengan nama merek Flash Mobile.

Dengan adanya lisensi tersebut, perusahaan diperbolehkan menyediakan layanan tambahan berupa fraud detection system dan layanan invoicing. Hal ini akan melengkapi ekosistem financial technology (fintech) MNC Kapital.

Flash Mobile sendiri merupakan merek payment gateway dan biller aggregator di bawah perseroan. Layanan ini dilengkapi dengan sertifikasi standar keamanan tertinggi, yakni PCI DSS (Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran).

“Flash Mobile berfungsi sebagai payment gateway dan biller aggregator untuk semua transaksi di dalam MNC Group,” ujar Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat 15 Januari 2021.

Dengan begitu, pembayaran tagihan MNC Vision, MNC Play, Vision+ dan Hario, hingga pembelanjaan di The F Thing, Mister Aladin, dan MNC Shop dapat dilakukan dengan sistem pembayaran itu. Tak puas dengan hal itu, Harry mengaku bakal terus menjalin kerja sama dengan berbagai mitra eksternal.

Ia bilang, MNC Group juga akan menggabungkan semua layanan berbayar dan penagihan ke dalam satu sistem terpadu. Sehingga, menurutnya MNC Kapital perlu membangun back-end support, terutama layanan payment gateway dan biller aggregator.

MTN adalah anak perusahaan yang fokus pada pengembangan solusi dan sistem pembayaran digital, khususnya uang elektronik dengan produk utama SPIN (Smart Payment Indonesia).

Sedangkan, saat ini Flash Mobile mencoba menjalin kerja sama dengan berbagai provider telekomunikasi di Indonesia dan mitra online lainnya.

Tak sampai disitu, MTN juga segera menyediakan fitur pinjaman digital, seperti PayLater dan Cicilan, melalui kolaborasi bersama mitra strategis, baik internal maupun eksternal MNC Group. (SKO)