MNC Group (BMTR) Gandeng Telkom Perkuat Platform Distribusi

22 Desember 2021 10:00 WIB

Penulis: Vega Aulia

Editor: Vega Aulia

(null)

JAKARTA – MNC Group melalui PT Global Mediacom Tbk (BMTR atau MNC Media) menjalin kerja sama strategis dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dalam melahirkan berbagai konten lokal premium terbaik ke basis pengguna Telkom, melalui layanan fixed broadband IndiHome. 

Berdasarkan keterangan resmi yang dikutip Rabu, 22 Desember 2021, kedua belah pihak telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama tersebut pada Selasa, 21 Desember 2021. 

Ade Tjendra, Direktur Utama IPTV mengatakan, kemitraan ini sangat berarti bagi kedua belah pihak dan pihaknya berharap dapat menjalin hubungan strategis dengan Telkom Group untuk mendorong inovasi di industri TV berbayar dan OTT yang berkembang di Indonesia. 

“Kami menyakini bahwa kolaborasi ini akan menjadi batu loncatan untuk mencapai torehan yang lebih positif di tahun-tahun mendatang,” ujarnya. 

Sebagai anak perusahaan dari MNC Media, PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV), akan menjadi penerima manfaat utama dalam potensi kerja sama ini melalui SVOD OTT (Subscription Video on Demand Over The Top) super-app, Vision+. Global Mediacom mengendalikan 60,67% saham di MNC Vision Networks. 

Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat menjadi titik yang signifikan bagi MNC Media dan IndiHome dalam mengembangkan bisnis platform distribusinya sehingga pelanggan dapat menikmati tayangan berkualitas tanpa batas, baik linier maupun VOD (Video On Demand). 

Melalui kerja sama ini, Telkom dan MNC Media akan turut serta dalam mempromosikan platform masing-masing melalui kolaborasi konten-konten terbaiknya, termasuk namun tidak terbatas pada produksi, akuisisi, dan distribusi saluran atau program untuk pemirsanya. 

“Selain itu, berbagai konten lokal dan internasional dari Vision+ juga dapat dinikmati oleh 8,47 juta pengguna IndiHome. MNC Media dan IndiHome juga akan bersama-sama mengembangkan saluran berbayar untuk digunakan pada masing-masing platform,” jelasnya.

MNC Media mengklaim Vision+ mendominasi pasar OTT dengan proposisi konten lokal yang paling luas, dengan memiliki saluran FTA (free-to-air) terbanyak dalam portofolio konten liniernya. 

Selain itu, Vision+ menawarkan konten internasional dan lokal dalam bentuk VOD dengan lebih dari 17.000 jam, serta memiliki hingga 105 saluran linier premium dengan fitur time-shift dan catch-up hingga 7 hari sebelumnya. 

Pada kuartal III 2021, Vision+ memiliki 47,5 juta Monthly Active Users dengan lebih dari 2 juta pelanggan berbayar.  

Berita Terkait