Misi Damai Jokowi Hingga Pembelian BBM Pakai Aplikasi My Pertamina, Inilah 9 Daftar Isu Trending Hari Ini

29 Juni 2022 23:41 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Fakhri Rezy

(null)

JAKARTA - Sejumlah isu mewarnai pemberitaan hari ini, Rabu, 29 Juni 2022. Mulai dari isu ekonomi, umum, hingga selebriti.

Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online, dan media sosial hari ini.

1. Bawa Misi Damai, Jokowi ke Ukraina Temui Presiden Zelensky

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam perjalanan menuju Kyiv, Ukraina, untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky, Selasa 28 Juni 2022.

Jokowi beserta rombongan menempuh perjalanan kereta selama 12 jam dari Polandia menuju Ibu Kota Kyiv. Rombongan tersebut berangkat menggunakan kereta dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia tepat pada pukul 21.15 waktu setempat, Selasa, 29 Juni 2022.

Presiden Jokowi dan Iriana menggunakan Kereta Luar Biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu, tulis keterangan resmi Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

2. Jokowi Komitmen Perkuat Kerja Sama Ekonomi Indonesia - Kanada

Presiden Jokowi berkomitmen tinggi untuk terus meningkatkan kerja sama Indonesia-Kanada ke depan. Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela-sela KTT G7 di Elmau, Senin, 27 Juni 2022.

Oleh karena itu, Jokowi mendorong penuntasan perundingan ICA-CEPA pada 2023 yang akan memberikan sinyal positif bagi dunia usaha Indonesia dan Kanada.

Hal ini untuk terus memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara. Selain itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh Kanada terhadap Presidensi Indonesia di G20.

3. Fitch Ratings Meyakini Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2022 Capai 5,6% YoY

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 akan tumbuh lebih tinggi daripada tahun sebelumnya.

Fitch Ratings memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan mencapai 5,6% yoy, atau lebih tinggi dari pertumbuhan pada tahun 2021 yang sebesar 3,69% yoy.

Fitch Ratings juga memandang, prospek pertumbuhan tahun ini akan didorong oleh net ekspor yang kuat, karena berkah dari peningkatan harga komoditas. Meski, masih ada risiko yang membayang terkait dengan ketidakpastian global.

4. Sasar Pekerja Informal, BTN Gelar Grebek Pasar

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk ( BTN ) menggelar kegiatan Grebek Pasar di berbagai daerah di Indonesia untuk mempercepat penyaluran pembiayaan rumah subsidi khususnya KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Dalam kegiatan ini Bank BTN bekerjasama dengan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) dan dukungan Kementerian PUPR menyasar para pekerja formal agar bisa memiliki rumah layak huni.

Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar mengatakan, dalam rangka meningkatkan kembali semangat bisnis pada kegiatan ekonomi di bidang properti periode tahun 2022 ini, Bank BTN terus berinovasi mendorong laju penyaluran KPR Bersubsidi.

5. Tingkatkan Layanan Nasabah, BNI Jalin Kerja Sama dengan DJP

Pemerintah terus mendorong pertumbuhan sekaligus kestabilan ekonomi nasional, dengan meningkatkan kualitas pelayanan perpajakan.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka kepemilikan pengelolaan sisten informasi yang andal menjadi salah satu upaya dari sebuah negara untuk mewujudkan penerimaan pajak yang lebih kuat.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI selaku agen pembangunan berupaya proaktif dalam mendukung program-program yang diamanatkan pemerintah kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

6. Habco Trans Incar Dana IPO Rp 350 Miliar

PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) perusahaan di bidang spesialisasi dalam operasional kapal bulk carrier yang juga merupakan salah satu anak usaha dari PT Habco Primatama berencana untuk melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 1,22 miliar saham.

Perseroan mematok kisaran harga IPO di Rp 150-250 sehingga total dana segar yang akan didapat dari penawaran awal ini sebanyak banyaknya Rp 305 miliar. Namun, bersamaan dengan konversi hutang dan program Employee Stock Allocation (ESA) yang akan dijalankan, total hasil penawaran umum kemudian akan menjadi maksimal Rp 350 miliar.

Didukung dengan 3 armada kapal bulk carrier, HATM telah berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 252 miliar dan laba usaha sebesar Rp 90,1 miliar pada tahun 2021 lalu. Pada tahun 2022, HATM berencana untuk melakukan IPO saham untuk meningkatkan modal serta mendukung kegiatan usaha perseroan.

7. BEI Catat 17 Reksa Dana Berbasis ESG dengan Dana Kelolaan Rp 2,3 Triliun

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencermati tingginya minat investasi berbasis  environmental, social and governance (ESG) di dalam negeri.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, investor saat ini tidak hanya mempertimbangkan imbal hasil dari sisi finansial, melainkan dampak lingkungan dari keputusan investasi yang diambil. 
Sejalan dengan itu, Hasan mencatat total asset under management (AUM) atau dana global yang terdaftar dalam Principles for Responsible (PRI) telah mencapai lebih dari US$ 121,3 triliun pada 2021.

8. Mantan Pengurus Khilafatul Muslimin di Makassar Ikrar Setia ke NKRI

Satu orang di Kecamatan Tallo, Makassar keluar dari Khilafatul Muslimin dan menyatakan kembali setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ikrar setia dilakukan di Kantor Camat Tallo, Makassar, Selasa (28/6). Camat Tallo, Alamsyah mengatakan awalnya kegiatan edukasi dilakukan oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dan Badan Intelejen Negara (BIN).

Saat kegiatan tersebut seorang laki-laki bernama Bakri Luke menyatakan ikrar setia pada NKRI.

9. Beli Pertalite dan Solar Per 1 Juli 2022 Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina

Pertamina akan segera berlakukan aturan baru mengenai cara pembelian BBM Pertalite dan solar menggunakan aplikasi MyPertamina.

Per 1 Juli 2022 mendatang, Pertamina mewajibkan seluruh pemilik kendaraan roda 4 untuk mendaftarkan kendaraannya sebagai konsumen BBM pertalite atau solar subsidi. 
Pemilik kendaraan dapat mendaftarkan kendaraannya melalui aplikasi MyPertamina atau melalui website resmi subsiditepat.mypertamina.id.

 

Berita Terkait