Mirip Hanoman, Sosok Monyet Putih Muncul di Bali

08 Agustus 2021 12:02 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Monyet putih muncul di uluwatu (Monyet putih muncul di uluwatu)

Denpasar- Seekor monyet ekor panjang berwarna berwarna putih muncul muncul di kawasan kawasan Uluwatu, Bali .

Pakar genetik hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Dr. Drh. I Nengah Wandia, M.Si., menyebut monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) berbulu putih yang muncul di kawasan Uluwatu, Pecatu, Badung sebagai peristiwa sangat langka.

"Jika diperhatikan sepintas dari video, memang mirip dengan monyet ekor panjang yang ditemukan di Bali. Warna putih menyeluruh pada monyet ekor panjang belum pernah saya lihat," katanya kepada Balinesia.id, Minggu, 8 Agustus 2021.

Oleh karena keberadaan monyet berbulu putih tersebut sebagai kasus pertama, pihaknya pun belum berani membuktikan penyebab bulu monyet yang berbeda itu. "Ini pertama di Bali, dan saya juga belum pernah melihat jenis monyet ekor panjang seperti ini di luar Bali. Apakah ini albino atau putih? Saya belum bisa memastikan," lanjutnya.

Pasca-munculnya monyet berbulu putih itu, Wandia pun berencana melakukan observasi lapangan, memastikan keberadaan monyet tersebut. Setelah observasi, pihaknya akan melakukan tes genetik guna memastikan fenomena tersebut.

"Sekali lagi, jika benar ini monyet ekor panjang, ini pertama kali saya lihat. Jika kondisi Covid-19 membaik, mungkin nanti kami ambil sampel darahnya dan periksa genetiknya," imbuhnya.

Sebelumnya, warganet, khususnya di Bali, dihebohkan dengan munculnya monyet ekor panjang berbulu putih di kawasan Uluwatu, Pecatu, Badung, beberapa hari lalu.  Video berdurasi 0:18 itu jadi perbincangan di Instagram, Facebook, hingga WhatsApp Grup. Dalam video tersebut, sang monyet terekam tengah berjalan dengan sangat santai.

Berbagai tanggapan warganet pun muncul terhadap video tersebut. Pada akun Instagram @punapibali misalnya, unggahan video tersebut telah disukai 10.989 akun. Sejumlah komentar pun bermunculan. 

Ada yang mulai menafsir ke arah mistik sebagai duwe (hewan keramat, red) hingga rencangan (abdi, red) Bhatara Hanoman. Namun, tidak sedikit pula yang menanggapinya sebagai peristiwa biologis alamiah.

Dalam tradisi Hindu Bali, monyet dan kera memang memiliki posisi penting dalam panggung spiritualitas. Beberapa teks tradisional bahkan mengungkapkan peran monyet, kera, dan sebangsanya, misalnya teks Ramayana hingga Kapi Parwa.

Pada teks tersebut, tokoh Hanoman yang diwujudkan berbulu putih merupakan panglima dari bangsa kera yang membantu Rama menyerbu Rahwana di Alengka. Karena kepahlawanannya tokoh ini sangat dikenal dan dihormati umat Hindu, termasuk di Bali yang hingga kini wujudnya eksis pada wayang, wayang wong, patung, topeng, bendera-bendera keagamaan pada pelaksanaan ritual, hingga rajah atau gambar magis. jpd

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Jero P. Ariana pada 08 Aug 2021 

Berita Terkait